• KANAL BERITA

Keberhasilan Nasdem Dinilai Berkat Prestasi Prasetyo

foto: suaramerdeka.com/Nurokhman
foto: suaramerdeka.com/Nurokhman

JAKARTA, suaramerdeka.com - Keberhasilan Partai Nasional Demokrat (Nasdem) memperoleh suara yang signifikan pada Pemilu 2019 dan Pilkada di sejumlah daerah dinilai karena keberhasilan kinerja  atau prestasi dan profesionalitas kader partai yang sukses duduk di kabinet, terutama prestasi HM Prasetyo sebagai Jaksa Agung. Di mana, pengusung Prasetyo sebagai Jaksa Agung saat itu adalah Partai Nasdem. Hal itu diungkapkan oleh Pakar Ilmu Politik dari Universitas Indonesia, Emrus Sihombing pada saat acara Diskusi Publik dengan tema "Siapa Jaksa Agung Jilid II Jokowi" yang diselenggarakan oleh Jurnalist of Law Jakarta di kawasan Jakarta Selatan, Sabtu (19/10).

"Bisa jadi perolehan suara Nasdem karena kinerja Jaksa Agung," ujar Emrus.

Dia menjelaskan, ada korelasi antara perolehan suara Nasdem dengan prestasi kadernya yang duduk di kabinet. Sebab, prestasi kader partai akan meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada partai pengusung. Sebaliknya, prestasi buruk kader partai yang duduk di kabinet membuat perolehan suara partai pengusung rendah atau merosot.

Emrus menjelaskan, Kejaksaan RI sejak awal pemerintahan Presiden Jokowi, paling banyak menjadi sorotan dari publik, karena Jokowi memilih Prasetyo yang merupakan anggota DPR dari Partai Nasdem sebagai Jaksa Agung. Lalu, kontroversial Prasetyo sebagai Jaksa Agung dijawab dengan kinerja dan prestasi. "Kita harus akui banyak pula prestasinya," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPP, Partai Nasdem, Irma Suryani Chaniago mengungkapkan, prestasi Prasetyo membuktikan bahwa kader-kader Partai Nasdem profesional dan berprestasi. "Publik yang menilai," ujarnya.

Dia mengatakan, prestasi Prasetyo di antaranya telah membangun Kejaksaan RI yang modern dan penegakan hukum yang berkeadilan serta jauh dari kegaduhan dan juga tidak semata-mata pencitraan.

Kemudian, politikus Partai PDI Perjuangan, Masinton Pasaribu mengaku partainya tidak mengusulkan nama calon Jaksa Agung kepada Presiden Jokowi. Di mana, PDI Perjuangan menyerahkan sepenuhnya kepada Jokowi untuk memilih calon Jaksa Agung RI yang independen. "Kita sepakat Jaksa Agung harus independen," ujarnya.


(Nurokhman/CN40/SM Network)