• KANAL BERITA

Siswa SMA/SMK dan Guru Cirebon Dikenalkan Seni Tradisi

Dua Dosen FSRD ISI Surakarta Menjadi Narasumber

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

CIREBON, suaramedeka.com - Dua dosen FSRD ISI Surakarta mengenalkan seni tradisi kepada siswa SMA/SMK dan guru MGMP se-Kota Cirebon. Kegiatan ini digelar melalui Workshop Wayang Beber Sabtu (19/10), di Lantai II Galeri Disporabudpar, Komplek Perkantoran Jl.Brigjen Dharsono, By Pass, Sunyaragi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon.

Dua dosen yang menjadi pemateri dalam kegiatan ini adalah Bening Tri Swasono, M.Sn selaku dosen prodi kriya seni FSRD ISI Surakarta dan I Nyoman Suyasa, M.Sn selaku dosen prodi seni murni FSRD ISI Surakarta.

Workshop diikuti 91 peserta yang berasal dari siswa SMA/SMK dan guru MGMP Kota Cirebon. Lewat media cat akrilik di media kain, mereka antusias mengikuti setiap tahapan dalam menggambar tokoh wayang beber. Dengan cat akrilik berbagai warna, peserta menggambar karakter tokoh wayang beber, seperti figur Panji Asmara bangun, Dewi Sekartaji, figur tumbuhan dan bangunan

"Workshop ini bertujuan untuk mengenalkan seni tradisi, khusunya wayang beber kepada kalangan pelajar dan guru sehingga diharapkan bisa mengenal proses melukis dan karakter figur wayang beber, serta jangka panjang bisa ikut serta melestarikan seni tradisi warisan leluhur," kata Agus Heru Setiawan, M.Sn selaku Ketua Pelaksana.


(Andika Primasiwi/CN26/SM Network)