• KANAL BERITA

Digelar, FGD Penamaan Galeri Disporabudpar Kota Cirebon

Oleh Civitas Akademika FRSD ISI Surakarta

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

CIREBON, suaramerdeka.com - Sebagai salah satu rangkaian acara Pameran Seni Visual "Milangkori" dilakukan kegiatan Focus Group Discussionyang dihadiri wakil dari seniman, komunitas, praktisi, sanggar, dan wakil instansi pemerintah Kota Cirebon.

Diskusi digelar di Galeri Disporabudpar, yang bertempat di Komplek Perkantoran Jl.Brigjen Dharsono, By Pass, Sunyaragi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon. Dihadiri 22 peserta, diskusi mengupas pemilihan nama gedung melalui beragam aspek, seperti unsur lokalitas, sesuai dengan fungsi dan peruntukan gedung, nama mudah diingat serta mudah penyebutannya.

Diskusi dimoderatori Basnendar Herryprilosadoso, S,Sn., M.Ds (Dosen Prodi DKV FSRD ISI Surakarta) dengan notulen oleh Zuliati, S,Sn., M.Sn (PLP Prodi Seni Murni FSRD ISI Surakarta).

Diskusi berlangsung menarik dikarenakan banyaknya aspek yang perlu diperhatikan untuk penamaan gedung, selain memperhatikan faktor aspek lokalitas, maka diputuskan mengambil nama tokoh bersejarah yang punya kontribusi terhadap seni budaya Cirebon.

Hasil dari diskusi ini menghasilkan sejumlah nama alternatif yang nantinya akan diajukan kepada Wali Kota Cirebon agar dipilih sebagai nama gedung yang sementara ini dinamakan Galeri Disporabudpar.

"Peran civitas akademik FSRD ISI Surakarta walau berperan hanya sebagai fasilitator namun akan dicatat dan berkontribusi langsung pengembangan dan peningkatan seni budaya, khususnya di Kota Cirebon, sehingga Tri Dharma Perguruan Tinggi bisa terwujud dengan bentuk yang nyata," kata Basnendar selaku moderator.

 


(Andika Primasiwi/CN26/SM Network)