• KANAL BERITA

JVWF 2019 Rangkul Seniman Solo dan Jogja

Tjahyo Widjojono, Ketua JVWF 2019, bersama panitia lainnya. (Foto : suaramerdeka.com/dok)
Tjahyo Widjojono, Ketua JVWF 2019, bersama panitia lainnya. (Foto : suaramerdeka.com/dok)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Untuk memeriahkan Jogja Volkswagen Festival(JVWF) 2019, panitia telah merangkul seniman Solo dan Jogja untuk menggelorakan perhelatan akbar tersebut di Jogja Expo Center (JEC), Jalan Janti, Banguntapan, Yogyakarta, 9-10 November 2019 mendatang.

Perhelatan bertajuk 'Soul of A Hero' tersebut, kemarin telah memperkenalkan psoter resmi JVWF 2019 yang dibuat oleh seniman asal Solo, Ardhyan Gecho. Poster resmi garapan seniman berbakat ini, dirancang api dan penuh dinamis.

Tjahjo Widjojono, Ketua JVWF mengatakan, seniman muda Gecho sengaja dipilih untuk membuat gambar poster di tahun 2019, karena semangat hidupnya walau sebelumnya mengalami stroke.

Semangat untuk terus berkarya, membuat karya seniman muda asyik dan nikmat dipandang mata. Ditengah penderitaannya tersebut, Ardhyan Gecho masih mampu berkarya membuat poster yang cukup apik dan dinamis.

''Ardhyan Gecho yang merupakan stroke survivor harus menggambar dengan tangan kiri, karena separuh tubuhnya melemah akibat stroke,'' katanya di Pulang Utara, Jalan Kaliurang, kemarin.

''Semangatnya yang luar biasa dan kami ingin mengambil inspirasi itu untuk dituangkan dalam JVWF. Dia menggambar landscape Yogyakarta dengan Tugu dan banyak mobil VW di jalanan sangat menarik sekali,'' tambah Tjahjo pada wartawan.

Selain Gecho, JVWF 2019 juga menggandeng seniman muda asal Yogyakarta, Ramadhan Arif Fatkhur yang akan membuat instalasi seni dengan media alumunium.

Keterlibatan seniman ini, karena JVWF sengaja ingin memberikan ruang bagi seniman-seniman muda berkarya untuk berkembang. Kedepan tidak menutup kemungkinan kolaborasi dengan lebih banyak seniman lagi,'' katanya.

Menyinggung soal luckydraw yang bisa dibawa pulang penonton yang beruntung, Tjahjo mengaku nantinya akan diperkenalkan saat momen Selasa Wage di Jalan Malioboro, Yogyakarta.

Luckydraw untuk penonton berupa mobil VW Beetle jenis 1303 tahun 1973, sebenarnya sudah selesai dibangun dan dimodifikasi. ''Kalau sudah tahu mobilnya, pasti orang ingin memilikinya,'' katanya.

Mobil VW Beetle tersebut, menurut Tjahyo, untuk sementara masih disimpan. Mobil hadiah untuk penonton yang beruntung itu, nantinya akan dipajang pada Selasa Wage saat Jalan Malioboro bebas kendaraan bermotor.

''Disana masyarakat bisa menyaksikan langsung luckydraw tersebut, secara leluasa. Kalau sudah melihat mobil tersebut, siapa saja pasti ingin memilikinya,'' katanya.

''Karena bentuk dan modelnya bagus, untuk bisa memiliki mobil tersebut syaratnya hanya beli tiket pada JVWF 2019 yang berlangsung di JEC pada tanggal 9 dan 10 November 2019 mendatang '' katanya lagi.


(Sugiarto/CN19/SM Network)