• KANAL BERITA

Pengelolaan Delapan Candi Dikerjasamakan Pusat

Candi Banyunibo (Foto Istimewa)
Candi Banyunibo (Foto Istimewa)

SLEMAN, suaramerdeka.com - Slogan pariwisata  Sleman sebagai kota seribu candi kian dikukuhkan melalui penandatanganan kerjasama antara Pemkab Sleman dengan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 

Dalam perjanjian kerjasama (PKS) yang ditandatangani Jumat (18/10) itu disebutkan ada 8 objek candi yang menjadi sasaran pengelolaan bersama, yakni Candi Gebang, Sambisari, Kalasan, Kedulan, Sari, Banyunibo, Ijo, dan Barong. Perjanjian ini terkait dengan retribusi termasuk petugas penarik dan pemanfaatan hasilnya.
 
Kerjasama berlaku selama 3 tahun ke depan terhitung sejak tanggal 1 Januari 2020. "Penandatanganan PKS ini adalah tindak lanjut dari perintah MoU yang sebelumnya diteken," kata Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Ditjen Kebudayaan Kemendikbud Fitra Arda kepada wartawan usai penandatanganan PKS.

Mengacu UU Nomer 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, ke depannya cagar budaya dan permuseuman ke akan dijadika ruang publik dan dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat. Dengan adanya kerjasama ini, berbagai situs candi dapat dimanfaatkan untuk banyak kepentingan termasuk peningkatan kesejahteraan warga.

"Pemberdayaan yang diutamakan adalah cagar budaya bisa menghidupi dirinya sendiri, dan kehadirannya dirasakan oleh masyarakat sekitar," ujarnya.

Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DIY selaku kepanjangan tangan dari pudat akan mendampingi Pemkab Sleman dalam mengelola situs candi. Jika candi menjadi destinasi wisata diharapkan tidak hanya berperan bagi Sleman ataupun DIY tapi juga secara nasional. 

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman Sudarningsih mengatakan, sesuai perjanjian yang tertuang, kewenangan pusat dan daerah sudah dibagi. Secara garis besar, wewenang Kemendikbud lebih pada zona inti situs sedangkan Pemkab fokus ke zona penyangga.

"Kami sudah dari dulu mengupayakan pengelolaan situs. Promosi juga telah dilakukan mengingat Sleman sudah deklarasi sebagai kota seribu candi," tukasnya.


(Amelia Hapsari/CN19/SM Network)