• KANAL BERITA

Pengembangan Wisata Sumbang PDRB

SERAHKAN CINDERAMATA: Sekda Kabupaten Semarang, Gunawan Wibisono menyerahkan cinderamata kepada Kepala Bagian Perekonomian Kabupaten Ciajur, Hilman Sujadi yang melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Semarang, Jumat (18/10) pagi.
SERAHKAN CINDERAMATA: Sekda Kabupaten Semarang, Gunawan Wibisono menyerahkan cinderamata kepada Kepala Bagian Perekonomian Kabupaten Ciajur, Hilman Sujadi yang melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Semarang, Jumat (18/10) pagi.

UNGARAN, suaramerdeka.com - Perhatian khusus terus diberikan Pemkab Semarang untuk pengembangan ekonomi kreatif warga dalam membangun sektor pariwisata. Salah satunya diwujudkan dengan mengajak warga untuk membuat aneka produk cinderamata maupun kudapan khas setempat.

“Dengan begitu, warga sekitar lokasi wisata ikut menikmati keuntungan dari adanya tempat wisata,” kata Sekda Kabupaten Semarang, Gunawan Wibisono ketika menerima kunjungan kerja Bagian Perekonomian Kabupaten Cianjur di Gedung Dharma Satya Kompleks Kantor Bupati Semarang, Jumat (19/10) pagi.

Pengembangan pariwisata berbasis ekonomi warga itu, menurutnya, juga menjadi salah satu penyumbang Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) daerah yang cukup besar. Kontribusi sektor pariwisata Kabupaten Semarang saat ini, tercatat mencapai 19 persen dan menduduki peringkat kedua setelah sektor industri. Padahal sebelumnya berada di peringkat ketiga dibawah sektor pertanian.

“Perkembangan tadi menunjukkan usaha produktif sektor pariwisata yang berbasis ekonomi warga semakin menggeliat. Terutama pengembangan desa wisata yang semakin berkembang,” ujarnya.

Dari data yang dihimpun, saat ini di Kabupaten Semarang ada lebih dari 35 desa wisata yang telah dan terus mengembangkan usahanya. Pemkab Semarang melalui Dinas Pariwisata terus melakukan pendampingan agar potensi yang ada dapat menarik minat wisatawan berkunjung.

“Selain tempat dan atraksi wisata, dikembangkan pula kuliner dan kerajinan khas setempat guna mendongkrak daya tarik desa wisata,” ungkapnya.

Rombongan Bagian Perekonomian Kabupaten Cianjur, terdiri dari 17 orang berbagai unsur dan dipimpin langsung oleh Kepala Bagian Perekonomian, Hilman Sujadi.

Dalam paparannya, Hilman menilai, karakteristik pariwisata di Kabupaten Semarang hampir sama dengan yang ada di Cianjur.

“Potensi pariwisata di Kabuapten Semarang kami lihat berkembang pesat. Karakteristiknya, juga tidak jauh berbeda dengan Cianjur. Kami pun ingin mengetahui pola dan strategi pengembangannya,” papar dia.

Ia menerangkan, lokasi tujuan wisata di Cianjur yang terpencil dan jauh dari akses jalan utama menjadi kendala pengembangan. Sedangkan di Kabupaten Semarang, dengan kondisi yang hampir sama, pengembangannya justru lebih maju.

“Kami berharap, pola pengembangan yang dilaksanakan Pemkab Semarang bisa diterapkan di Cianjur,” katanya.


(Ranin Agung/CN34/SM Network)