• KANAL BERITA

Sensus Penduduk 2020 Terapkan Sistem Online

Foto Istimewa
Foto Istimewa

SLEMAN, suaramerdeka.com - Badan Pusat Statistik (BPS) tahun depan akan melangsungkan sensus penduduk. Berbeda dengan sebelumnya, sensus tahun 2020 mendatang dilakukan dengan sistem online.

Namun demikian, kegiatan sensus tidak sepenuhnya akan memberlakukan cara online melainkan dipadukan dengan metode manual. Hal ini, menurut Kepala BPS Sleman Arina Yuliati, keterjangkauan fasilitas internet di tiap wilayah tidak sama.

"Kami adakan sensus secara online, utamanya menyasar responden yang selama ini belum terjangkau oleh petugas. Sistem online juga memudahkan masyarakat," terangnya, Jumat (18/10). 

Berdasar pendataan, sekitar 85,15 persen masyarakat Sleman menggunakan komputer maupun telepon seluler. Sebanyak 65,87 persen diantaranya telah mengakses internet. Dari hasil survei itu disimpulkan, hampir 100 persen masyarakat Sleman siap menghadapi sensus penduduk dengan sistem online.

Dari sisi keterjangkauan fasilitas internet dirasa sudah memadai pula. Sebanyak 84 desa dari 86 desa di Kabupaten Sleman dipetakan memiliki sinyal internet yang kuat. Adapun dua wilayah kecamatan yang masih memilili sinyal lemah yakni Berbah dan Minggir.

Sensus penduduk tahun 2020 akan dilakukan secara berjenjang. Tahap pertama dilaksanakan bulan Februari sampai dengan Maret. Pada periode bulan ini, masyarakat hanya perlu memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan menjawab pertanyaan terkait data sensus. 

"Jika sampai bulan Juli masih ada pertanyaan yang belum diisi, masyarakat harus mengikuti sensus tahap dua. Nantinya, petugas akan mendatangi dan mendata secara langsung," papar Arina. 

Pelaksanaan sensus akan memanfaatkan data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Sleman. Sekretaris Disdukcapil Sleman Heru Joko Indarto menambahkan, basis data yang dijadikan acuan oleh BPS telah melalui proses pencatatan dengan baik. Setiap hari, pihaknya melakukan pencatatan yang datanya langsung dikirim ke pusat.


(Amelia Hapsari/CN19/SM Network)