• KANAL BERITA

Ketua Kadin Kendal : Bisnis Jangan Ditanyakan, Tapi Dijalankan

Para peserta berfoto bersama Ketua Kadin Kendal, Cahyanto di Aldila Resto Kendal (Foto suaramerdeka.com/Hanief Sailendra)
Para peserta berfoto bersama Ketua Kadin Kendal, Cahyanto di Aldila Resto Kendal (Foto suaramerdeka.com/Hanief Sailendra)

KENDAL. suaramerdeka.com - Sebanyak 50 peserta dari perwakilan SLTA baik negeri maupun swasta dan karang taruna Kota Semarang, mengikuti program Pembinaan Bagi Generasi Muda Pelajar Perempuan (PBGMPP) di Kendal, Rabu (16/10).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Semarang ini, bertujuan untuk pembinaan potensi diri di bidang sosial keagamaan, cinta tanah air, sosial ekonomi, sosial kemasyarakatan dan ketrampilan wirausaha, khususnya di bidang Boga. Dalam acara tersebut, para siswa dari 17 SMA di kota Semarang dan gabungan pelajar perempuan anggota karang taruna, diajak langsung melihat proses pembuatan roti di Pabrik Aldila Bakery, jalan Islamic Centre nomor 31 Kendal.

Dimulai pada pukul 7.30 WIB, para peserta melihat langsung proses pembuatan roti dan juga mempraktekkan, baik cara membuat adonan, pengolahan sampai dengan finishing yang dipandu oleh Baker-baker Aldila, berikutnya peserta akan diajak berkunjung di Aldila Resto, untuk diajarkan bagaimana menjadi Chef yang handal, disamping itu peserta juga diajari menjadi penyaji yang kreatif dan gesit.

Kepala Dinas PPPA Kota Semarang, Drs. Mukhamad Khadhik, M.Si, mengatakan, kegiatan Pembinaan Bagi Generasi Muda Pelajar Perempuan (PBGMPP), dimaksudkan untuk membantu para pelajar tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) di Kota Semarang dalam rangka memberdayakan potensi diri, khususnya di bidang potensi usaha ekonomi. Para peserta PBGMPP yang sebelumnya diberi bekal pengetahuan dan ketrampilan tentang cara meraih masa depan yang gemilang, manajemen usaha dan spirit berbasis nilai-nilai Ketuhanan serta praktek pembuatan kue-kue oleh pelatih dari Universitas Negeri Semarang (UNNES), tentu menjadi makin bertambah pengetahuan, ketrampilannya dan bekal ilmu ketika berkesempatan mengikuti praktek di Pabrik Roti Aldila Bakery Kendal.

“Bekal itulah yang diharapkan nantinya dapat menjadi sarana memajukan potensi diri dan menghadapi tantangan di masa-masa yang akan datang. Melalui cara itulah para generasi muda nantinya dapat mandiri dan memenuhi kebutuhan ekonomi serta meningkatkan derajat sosial ekonomi-nya sesuai yang diajarkan oleh Allah SWT,” jelas Mukhamad Khadhik kepadasuaramerdeka.com.

Ditempat yang sama, Ketua Kadin Kendal, Drs. H. Cahyanto, MM, mengatakan, kegiatan ini sebagai dukungan bagi generasi muda dari waktu ke waktu harus lebih baik, luas cakupannya dan berkelanjutan. Potensi diri generasi muda harus dapat dikembangkan dengan baik demi masa depan yang lebih baik, bermanfaat dan didukung dengan akhlak yang mulianya. Disamping itu, kegiatan ini dapat memotivasi para siswa SMA dan anggota karang taruna, untuk menjadi wirausaha, mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin dan dalam segala hal yang baik untuk menjadi wirausaha, termasuk dalam rangka mengatasi masalah pengangguran dan kemiskinan.

"Ini menjadi motivasi agar peserta untuk menjadi pebisnis daripada berharap menjadi PNS, yang jelas bisnis itu dijalankan bukan ditanyakan" ujar Cahyanto, yang juga pemilik Aldila Group.


(Hanief Sailendra/CN19/SM Network)