• KANAL BERITA

Baru Selesai Dikerjakan Saluran Ambrol

Saluran air di Jl Karanganom-Polanharjo di depan taman Koplakan Andong ambrol, Selasa (15/10). (suaramerdeka.com/Achmad Hussain)
Saluran air di Jl Karanganom-Polanharjo di depan taman Koplakan Andong ambrol, Selasa (15/10). (suaramerdeka.com/Achmad Hussain)

KLATEN, suaramerdeka.com - Baru selesai, saluran air di tepi Jl Karanganom-Polanharjo di depan Taman Koplakan Andong, Kecamatan Karanganom ambrol. Padahal saluran itu baru selesai dikerjakan, beberapa pekan lalu dengan dana APBD 2019.

Wandi, warga sekitar lokasi mengatakan, penyebab saluran ambrol lantaran truk bermuatan pasir melintas di lokasi. ''Saat melintas terlalu ke tepi sehingga saluran air tidak kuat dan jebol,'' katanya.

Yanto, warga lain menambahkan, saluran yang jebol di tepi jalan dan menikung di simpang tiga yang ramai. Apalagi di lokasi setiap sore ramai mengunjungi taman. '' Sebab membahayakan, jebolan saluran ditutup warga dengan batu dan bambu,'' jelasnya, Selasa (15/10).

Menurutnya, saluran itu jebol di bagian cor penutup sepanjang sekitar dua meter. Kawatnya bahkan terlihat seperti tertimpa beban berat. Proyek saluran itu digarap sekitar empat bulan lalu dan selesai beberapa pekan lalu.

Saluran itu penting untuk menampung air dari jalan di sepanjang jalan itu ke utara. Saat penggarapan proyek, tanah dikeruk dan ditanam cor beton seperti huruf U dan di atasnya ditutup cor beton dari pabrik sehingga bukan cor manual.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pemkab Klaten, Suryanto mengungkapkan, kerusakan masih tanggung jawab rekanan, selama satu tahun masa pemeliharaan. Dinas akan segera meminta kerusakan itu segera diganti.

Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Klaten, Slamet Widodo mengatakan, akan menindaklanjuti temuan kerusakan itu karena truk bermuatan pasir nekat melintas di lokasi.


(Achmad Hussain/CN40/SM Network)