• KANAL BERITA

Satu Kamera CCTV Rusak, BPPTKG Pastikan Pengamatan Gunung Merapi Tak Terganggu

foto: istimewa
foto: istimewa

MAGELANG, suaramerdeka.com - Kerusakkan yang menimpa satu kamera CCTV di bibir kawah Gunung Merapi saat gunung tersebut menyemburkan awan panas, tak mengganggu aktivitas pengamatan gunung berapi itu. Hal itu dipastikan oleh Balai Penyeledikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG).

"Satu (CCTV) yang di puncak karena itu memang bener-bener di bibir kawah. Ya pasti ada perbaikan," ujar Kepala BPPTKG, Hanik Humaida.

"Pengamatan kan banyak banget. Itu kan cuman satu, kita punya puluhan, ratusan, jadi nggak masalah kan. Nggak berpengaruh dari berbagai sisi kita kan punya," tambahnya.

Hanik menjelaskan bahwa letusan Gunung Merapi kemarin sore hampir sama dengan letusan yang terjadi pada akhir Bulan September 2019.

"Tidak ada, jadi tidak ada indikasi yang signifikan (sebelum letusan terjadi). Jadi, misalnya dari kegempaannya tidak ada perubahan yang signifikan. Jadi masih seperti biasa. Ini sebenarnya hampir-hampir sama dengan 22 September yang lalu, tiga minggu yang lalu, kira-kira seperti itu," pungkasnya.

 


(Red, DTC/CN40)