• KANAL BERITA

Masyarakat Jateng Bisa Pinjam Mobil Dinas Secara Transparan

Foto suaramerdeka.com/Puthut Ami Luhur
Foto suaramerdeka.com/Puthut Ami Luhur

SEMARANG, suaramerdeka.com - Masyarakat Jawa Tengah, khususnya Kota Semarang kini bisa meminjam kendaraan dinas yang dikelola oleh Biro Umum Setda Pemprov Jawa Tengah. Kepala Biro Umum Setda Pemprov Jawa Tengah Edy Supriyanta ATD SH MM menyatakan, peminjaman bisa dilakukan secara terbuka oleh masyarakat dengan membuka Sikendi yang untuk sementara dapat dibuka di laman www.biroumum.jatengprov.go.id.

"Sikendi adalah sistem pengelolaan informasi kendaraan dinas. Selain masyarakat dapat melakukan peminjaman kendaraan yang tersedia secara terbuka, juga sebagai database supaya mudah mendata kendaraan dinas yang kami kelola," kata Edy kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (15/10).

Dengan data yang lebih lengkap, selain dapat diketahui siapa yang bertanggung jawab terhadap kendaraan dinas di bawah pengelolaan Biro Umum. Berikutnya, perawatan terhadap kendaraan dinas tersebut lebih bisa teratur dan dipertanggung jawabkan.

"Terakhir, terkait dengan masalah pajak. Dengan adanya sistem ini maka akan muncul notifikasi paling tidak dua pekan sebelum waktu jatuh tempo pembayaran," tambahnya.

Menurutnya, selain menyediakan kemudahan akses bagi masyarakat maka sistem ini juga sekaligus mempermudah kinerja biro umum termasuk dalam penginventarisiran kendaraan dinas. Kemudahan proses ini, juga berlaku ketika masyarakat akan melakukan peminjaman gedung atau halaman depan kantor Gubernur Jateng.

Sebelum melakukan peminjaman, masyarakat terlebih dahulu melakukan registrasi dan kemudian menunggu sampai disetujui admin. Jika sudah dilakukan verifikasi data, masyarakat bisa menggunakan akunnya untuk melakukan peminjaman.

"Mereka kemudian bisa memilih kapan akan melakukan peminjaman kendaraan dinas, dan kemudian menunggu sampai ada persetujuan," tambah Edy.

Jika disetujui peminjamannya, masyarakat menunggu sesuai tanggal pengajuan peminjaman. Tetapi jika tidak maka akan ada notifikasi ke nomor WhatsApp sesuai yang telah didaftarkan.

Layanan ini sedang dilakukan pengembangan, saat ini tengah dibuat aplikasi yang bisa diunduh melalui Playstore di Android atau Istore di ponsel berbasis Macintosh. "Segera kami luncurkan aplikasinya," tuturnya.

Pengembangan fitur-fitur dalam laman www.biroumum.jatengprov.go.id ke depannya tidak hanya peminjaman kendaraan dinas, ruangan, gedung dan halaman depan kantor Gubernur Jateng saja. Pengajuan perbaikan-perbaikan fasilitas di lingkungan tersebut, juga akan dipermudah dengan memasukkan dalam layanan online terintegritas ini. 
 


(Puthut Ami Luhur/CN19/SM Network)