• KANAL BERITA

Oktober Batik Festival Kenalkan Produk UMKM Jateng Berkualitas

BATIK FESTIVAL: Pembukaan Oktober Batik Festival di Pusat Grosir Solo, Kamis (10/10). (suaramerdeka.com / Langgeng Widodo)
BATIK FESTIVAL: Pembukaan Oktober Batik Festival di Pusat Grosir Solo, Kamis (10/10). (suaramerdeka.com / Langgeng Widodo)

SOLO, suaramerdeka.com - Pusat Grosir Solo (PGS) menggelar Bazaar UMKM bertema Oktober Batik Festival selama sebulan, mulai 10 Oktober hingga 10 November. Bazaar yang bekerja sama dengan Pegadaian, Angkasa Pura Support, BNI 46, LinkAja, dan KBRU itu merupakan puncak perayaan Hari Batik Nasional yang sebelumnya telah dibuka 2 Oktober.

Sebanyak 50 UMKM dihadirkan dalam bazaar, yakni fashion, aksesoris, kerajinan tangan dan oleh-oleh unggulan di Jawa Tengah. Victoria Ivory Gracias, marketing manager Pusat Grosir Solo mengatakan, Oktober Batik Festival bertujuan untuk memperkenalkan produk-produk UMKM berkualitas tinggi kepada khalayak. Selain itu juga sebagai sarana pelaku usaha mengembangkan bisnis yang telah direncanakan.

Lokasi PGS yang strategis dan menjadi tujuan berbelanja para wisatawan dalam dan luar negeri diharapkan mampu menunjang proses pengembangan bisnis UMKM di Jawa Tengah, khususnya dari Kota Solo dan sekitar untuk tumbuh dan mendapatkan pasar lebih luas. "Ini sejalan dengan visi dan misi PGS yang ingin menjadi wadah bagi UMKM untuk mengembangkan bisnis dan memperluas jangkauan pasar," kata dia di sela pembukaan festival.

Oktober Batik Festival 2019 Pusat Grosir Solo dibuka dengan hiburan meriah seperti tembang Jawa, flash mob, dan fashion show karyawan, serta direksi PGS dalam 'Demo Batik' yang didukung para tenant dan peserta bazaar. Selama bazaar, pengunjung belanja secara cashless (nontunai) dengan membeli voucher terlebih dahulu.

PGS menyediakan dua voucher senilai Rp 50.000 dan Rp 100.000. Di situ juga terdapat penawaran menarik, yaitu voucher pembelian senilai 30 persen. Untuk menambah menarik suasana berbelanja, ada eksibisi batik yang menampilkan alat dan bahan membatik. Hadirnya eksibisi batik ini sebagai edutainment, yaitu berbelanja sambil mendapat nilai edukasi. Dari kedua pengalaman itu diharapkan membawa kesan bagi pengunjung.

"Keuntungan dan pengalaman menarik berbelanja di Pusat Grosir Solo diharapankan meningkatkan kunjungan wisata ke Kota Solo dan meningkatkan minat masyarakat pada produk fashion, aksesoris, kerajinan tangan, dan kuliner dari para UMKM di Jawa Tenga," kata dia.


(Langgeng Widodo/CN26/SM Network)