• KANAL BERITA

Startup Haruslah Berdampak Sosial

SWAFOTO: GM Mas Market Segment Sales Jawa Bali Eko Atmaja bersama jajarannya berswafoto dengan 11 tim startup yang mengikuti Local Stage Pitch di Aston Semarang Hotel Jl MT Haryono Semarang. (suaramerdeka.com / Maulana M Fahmi)
SWAFOTO: GM Mas Market Segment Sales Jawa Bali Eko Atmaja bersama jajarannya berswafoto dengan 11 tim startup yang mengikuti Local Stage Pitch di Aston Semarang Hotel Jl MT Haryono Semarang. (suaramerdeka.com / Maulana M Fahmi)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Sebanyak 11 startup terpilih untuk mengikuti tahap presentasi di Aston Semarang Hotel & Convention Center, Kamis (10/10). Mereka akan berkompetisi lebih lanjut dalam ajang The NextDev Talent Scouting. Sebuah ajang pencarian bibit-bibit pelku startup yang berdampak sosial di Indonesia.

“Ada 17 parameter yang berdampak pada perkembangan di suatu wilayah yang dirilis dalam kesepakatan internasional.  Contoh tidak ada kemiskinan, kelaparan. Nah startup ini bisa tidak sih mendukung itu,”  kata General Manager Mass Market Segment Sales Jawa Bali Telkomsel, Eko Atmaja.

Lanjut Eko, pada tahun kelima pelaksanaannya ini, The NextDev mengusung tema “Social Impact and Go Beyond” yang bertujuan dalam pembangunan ekosistem digital nasional. Sekaligus mengangkat startup agar kapabilitas dan kompetensi bisnis digitalnya  dapat mendukung dampak sosial yang positif.

“Rerata para pelaku startup muda ini sudah tahu parameter-parameternya dampak sosialnya. Hanya sja masih belum jelas arahnya, apakah sudah berdampak betuk pada sosial ekonomi. Maka kita arahkan pada jalurnya yang benar,” lanjutnya.

Total 270 startup terbaik se-Indonesia akan mempresentasikan ide brilian yang berlangsung pada periode April-Oktober 2019. Kegiatan berlangsung di sembilan kota, yakni Jakarta, Denpasar, Palembang, Makassar, Medan, Yogyakarta, Pontianak, Semarang, dan Surabaya.

30 startup terbaik dari sembilan kota akan memperoleh beberapa bentuk pengembangan startup. Mulai dari dana pengembangan untuk yang terbaik, kesempatan memikat investor dan memperluas manfaat, menemui ahli startup dan menggali insight baru, kesempatan go international dan publikasi media, tiket untuk ikut program pengembangan early stage startup komprehensif. “Bentuk bantuan utama bagi startup terbaik akan diperebutkan di The NextDev Summit, November 2019,” kata Eko.

Lebih jauh, dalam The NextDev Talent Scouting 2019, persyaratan utama bagi pendaftar adalah harus memiliki Minimum Viable Product (MVP) yang berdampak sosial positif untuk membantu kehidupan masyarakat di berbagai bidang. The NextDev Talent Scouting juga terbuka bagi Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 18 hingga 30 tahun.


(Diaz Abidin/CN26/SM Network)