• KANAL BERITA

SMP 2 Salatiga Luncurkan Perpustakaan Digital 'Prakasita Digital Library'

foto: suaramerdeka/dok
foto: suaramerdeka/dok

SALATIGA, suaramerdeka.com - SMP 2 Salatiga  membuat program baru yaitu meluncurkan perpustakaan digital di sekolah tersebut, Selasa (7/10). Dalam acara tersebut dihadiri Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Salatiga, Anindito, pengawas SMP Munazir,  dan  perwakilan wali murid.

Kepala SMP 2 Salatiga Mudjiati mengatakan, pihaknya akan terus berupaya menumbuh kembangkan minat baca bagi siswa-siswi agar di era literasi ini siswa mampu menjadi lulusan yang miliki wawasan luas.

Pasalnya, sejauh ini ancaman penggunaan gawai (gadget) yang berlebih-lebihan membuat penurunan minat baca bagi siswa. Sehingga untuk menyikapi hal tersebut, SMP 2  membuat program baru yaitu meluncurkan  Perpustakaan Digital. "Perpustakaan digital ini melengkapi perpustakaan konvensional yang sudah ada. Di era sekarang ini, kami perlu terobosan atau inovasi  guna menarik minat baca anak-anak yang muaranya menambah wawasan dan kecerdasan," kata mantan Kepala SMP 6 Salatiga ini.

Ditambahkan dia,  melalui tim teknologi informasi ( IT) , pihaknya telah menyediakan lebih dari 90 buku yang bisa dilihat siswa melalui gedged atau telepon pintar dengan login akunnya masing-masing. Sehingga kapan pun dan dimana pun bisa mengakses pinjam dari katalog yang telah disediakan.

"Perpustakaan digital ini merupakan program satu-satunya yang ada di  Salatiga untuk tingkat SMP. Memang saat ini baru sekitar lebih 90 buku saat peluncuran. Jumlah itu nantinya semakin hari akan terus bertambah. Sekolah menerima donasi buku dari siapa pun dalam bentuk digital," katanya.

Mudjiati berharap, dengan perpustakaan digital ini, para siswa tercukupi kebutuhan akan buku untuk menunjang proses pembelajaran di sekolah.  Selain itu, wawasan anak diharapkan menjadi luas baik pengetahuan pelajaran mau pun pengetahuan umum yang muaranya anak menjadi cerdas dan pintar.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara kepala SMP 2 dengan ketua Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Jateng Itmamudin. Kesepakatannya di antaranya, para pustakana SMP 2 akan dilibatkan dalam pengembangan kompetensi bersama IPI Jateng. Bukan hanya, untuk siswa, koleksi perpustakaan SMP 2 ini juga bisa diakses masyarakat umum .

"Aplikasi perpustakaan digital ini kami beri nama 'Prakasita Digital Library'.  Anak-anak harus registrasi menjadi anggota.  Setelah diverifikasi admin,  baru mereka dapat mengakses bahan bacaan. Sedangkan layanan perpustakaan melalui portal sifatnya tidak harus menjadi anggota dan terbuka bagi masyarakat umum," tuturnya.

Sementara itu, menyambut baik inovasi perpustakaan digital di SMP Negeri 2 Salatiga. Sehingga ia berharap SMP lainnya juga turut mengikuti inovasi ini. Sebab perpustakaan adalah pusat informasi. Juga sebagai sarana pengembangan seni budaya, karya sastra, dan lainnya.

"Pertpustakaan perlu inovasi dan mengikuti perkembangan zaman seperti perpustakaan digital ini. Perpustakaan digital ini merubah kesan perpustakaan konvensional yang berupa susunan buku dalam rak, ruang dan koleksi yang terbatas," katanya.


(Moch Kundori/CN34/SM Network)