• KANAL BERITA

Internet of Things Kontribusi Positif Pengembangan Iptek

Senatikom di UPGRIS

SEMINAR NASIONAL: Perwakilan Telkom Regional IV Semarang Hartono saat memaparkan materi dalam seminar nasional di aula lantai tujuh, gedung pusat kampus UPGRIS, Rabu (9/10).  (suaramerdeka.com/Dok)
SEMINAR NASIONAL: Perwakilan Telkom Regional IV Semarang Hartono saat memaparkan materi dalam seminar nasional di aula lantai tujuh, gedung pusat kampus UPGRIS, Rabu (9/10). (suaramerdeka.com/Dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Pemakaian internet di era teknologi informasi sudah sangat mendasar dan mendesak. Bukan hanya kalangan dunia pendidikan, melainkan juga buat usaha dan pemerintah.

Keberadaan internet of things (IOT) atau internet untuk segalanya, ini memberikan kontribusi positif pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama dalam dunia usaha. Bukti nyata keberhasilan itu adalah keberadaan perusahaan rintisan ojek online yang kian menjamur ditengah masyarakat.

Demikian diungkapkan Ketua Panitia Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komputer (Senatikom) 2019 Theodora Indriati Wardani MPd MKom disela-sela Senatikom di gedung pusat, kampus Universitas PGRI Semarang (UPGRIS), Rabu (9/10).

"Ingin pergi kemana-mana, sekarang ada transportasi atau ojek online, ini bentuk kemanfaatan internet of things. Dimulai dari ide, jadi sesuatu yang bisa diimplementasikan, serta dikembangkan masyarakat Indonesia," jelas Indriati, dosen Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi (FPMIPATI) UPGRIS.

Menurut dia, pemanfaatan IOT ini bisa untuk berbagai sektor, seperti monitoring lingkungan, pengelolaan infrastruktur, sensor peralatan, bidang kesehatan, pendidikan, serta otomatisasi gedung dan perumahan. Teknologi pesawat drone juga salah satu karya dihasilkan IOT.

Dekan FPMIPATI UPRIS, Nur Khoiri MT MPd membuka seminar yang diikuti para alumnus dan mahasiswa UPGRIS. Dua pematerinya ialah praktisi aplikasi program kecerdasan buatan dari Undip, Dr R Rizal Isnanto MT serta perwakilan Telkom Regional IV Semarang Hartono MKom.

Dalam kesempatan itu, Nur Khoiri mengatakan, seminar itu digelar FPMIPATI dan National Cyber Security Defence (NCSD). Tujuannya, memberi sarana komunikasi bermanfaat bagi perkembangan teknologi. Selain itu sebagai media berbagi dan memperluas ilmu pengetahuan dalam bidang kreatif teknologi.


(Royce Wijaya/CN39/SM Network)