• KANAL BERITA

Sebagian Haji Belum Gabung IPHI

JAKET IPHI: Ketua IPHI Kabupaten Semarang, Munashir membantu Wakil Bupati Semarang, Ngesti Nugraha mengenakan jaket IPHI ketika Penerimaan Jamaah Haji 2019 di Pendapa Rumah Dinas Bupati Semarang, Rabu (25/9) siang. (suaramerdeka.com/Ranin Agung)
JAKET IPHI: Ketua IPHI Kabupaten Semarang, Munashir membantu Wakil Bupati Semarang, Ngesti Nugraha mengenakan jaket IPHI ketika Penerimaan Jamaah Haji 2019 di Pendapa Rumah Dinas Bupati Semarang, Rabu (25/9) siang. (suaramerdeka.com/Ranin Agung)

UNGARAN, suaramerdeka.com - Warga yang telah menunaikan ibadah haji dihimbau untuk bergabung ke Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI). Dengan bergabung ke organisasi ini, Ketua IPHI Kabupaten Semarang, Munashir yakin, selain dapat menjaga mutu ibadah tiap anggota juga dapat mendukung berbagai kegiatan sosial keagamaan.

“Semua warga Kabupaten Semarang yang telah berhaji baik lewat jalur reguler maupun khusus sebaiknya bergabung menjadi anggota IPHI. Tanpa kecuali, termasuk para tenaga kerja Indonesia (TKI) yang pernah berhaji kami,” katanya, di hadapan ratusan jamaah haji 2019 yang mengadiri Penerimaan Jamaah Haji di Pendapa Rumah Dinas Bupati Semarang, Rabu (25/9) siang.

Dirinya memperkirakan, ada sebagian kecil TKI asal Kabupaten Semarang telah melaksanakan ibadah haji saat bekerja di tanah suci. Yang bersangkutan sudah pulang ke tanah air tetapi belum begabung ke IPHI. Alasannya, lebih pada kendala psikologis merasa malu maupun tidak tahu.

“Mereka termarjinalkan dan belum menjadi anggota IPHI. Karenanya, kami meminta para anggota IPHI untuk mengajak mereka bergabung jika mengetahui keberadaannya,” ujarnya.

Apabila jumlah anggota IPHI semakin banyak, Munashir optimistis, nantinya berbagai kegiatan sosial keagamaan akan dapat dilaksanakan dengan mudah dan cepat. Ia mencotohkan, saat ini IPHI Kabupaten Semarang sedang menyelesaikan proses pembagunan Pondok Pesantren Tahfidzul Quran di Ungaran. Sejalan dengan itu, pihaknya berharap pembangunan itu dapat segera direalisasikan dengan dukungan para anggota dan pihak lainnya.

Dalam kesempatan kemarin, Munashir menyerahkan seragam dan Kartu Tanda Anggota (KTA) IPHI kepada Wakil Bupati Semarang Ngesti Nugraha yang menunaikan ibadah haji tahun ini.

Kepala Kemenag Kabupaten Semarang, Muhdi dalam laporannya menjelaskan sebanyak 617 orang jamaah haji 2019 telah kembali ke tanah air dengan selamat. Mereka tergabung dalam tiga kloter reguler dan satu kloter sapu jagad.

“Ketika keberangkatan, jumlah calon haji beresiko tinggi berusia diatas 60 tahun cukup banyak. Alhamdulillah, seluruhnya dapat menjalankan rangkaian ibadah haji dan pulang ke tanah air dengan selamat,” jelas dia.

Penerimaan jamaah haji 2019 ditandai dengan penyerahan bendera rombongan oleh perwakilan jamaah haji kepada Bupati Semarang Mundjirin. Saat sambutan, Bupati mengharapkan para jamaah dapat menjaga mutu ibadah sehari-sehari. Selain itu juga bisa menjadi contoh baik di masyarakat.

“Terkait pelayanan, pasti ada kekurangannya. Semuanya akan diperbaiki dan ditingkatkan pada pelayanan yang akan datang,” kata Bupati Mundjirin.


(Ranin Agung/CN39/SM Network)