• KANAL BERITA

SD Isriati Baiturrahman 1 Santuni Anak Yatim Piatu

TERIMA SANTUNAN : Sejumlah anak yatim piatu menerima santunan dari para siswa dan orangtua murid SD Hj Isriati Baiturrahman 1 Semarang. (Foto suaramerdeka.com/Eko Fataip)
TERIMA SANTUNAN : Sejumlah anak yatim piatu menerima santunan dari para siswa dan orangtua murid SD Hj Isriati Baiturrahman 1 Semarang. (Foto suaramerdeka.com/Eko Fataip)

SEMARANG, suaramerdeka.com - SD Hj Isriati Baiturrahman 1 Semarang memberikan santunan kepada sejumlah anak yatim, piatu dan anak yatim piatu.

Pemberian santuan dikemas dalam beberapa kegiatan. Di antaranya salat duha bersama, pembacaan maulid, selawat nabi dan hiburan berupa cerita anak.

Kepala Sekolah SD Hj Isriati Baiturrahman 1, Musadat MPd mengemukakan, kegiatan sosial tersebut digelar secara rutin tiap tahun, khususnya di bulan muharam dalam kalender hijriah.

"Muharam merupakan bulan dimana para nabi diselamatkan oleh Allah dari ujiannya. Dicontohkan pula oleh nabi untuk menyantuni anak yatim piatu," kata Musadat sesuai kegiatan di sekolah tersebut, Selasa (24/9).

Santunan diterima langsung anak-anak yatim piatu yang juga diundang pada kegiatan itu. Ada sekitar 30 lebih anak yang menerima.

Mereka mendapatkan santunan berupa beasiswa, sembako, juga alat tulis. Santunan yang diberikan berasal dari tabungan para siswa dan orangtua murid.

"Kami menyebutnya tabungan surga, yang dikumpulkan tiap bulan oleh para siswa, dari kelas 1-6 dengan jumlah siswa sekitar 750. Santunan masih ditambah dari orangtua murid yang memberikan secara personal," jelasnya.

Sementara itu, Ketua panitia Agus Sugiarto SPd menambahkan, selain bulan muharam, kegiatan serupa juga diadakan pada saat ramadan dan kegiatan perpisahan akhir tahun ajaran.

"Tujuannya juga untuk melatih kepedulian para siswa terhadap sesama. Tidak hanya ketika di sekolah ini, tetapi juga dapat diterapkan setelah lulus nanti," imbuhnya. 

 


(Eko Fataip/CN19/SM Network)