• KANAL BERITA

Polres Batang Terjunkan 1.300 Personel Amankan Pilkades Serentak

Bupati Batang Wihaji menyematkan pita secara simbolis kepada anggota Linmas, yang merupakan anggota tim pasukan pengamanan Pilkades serentak pada 29 September di Kabupaten Batang. (Foto suaramerdeka.com/Kasirin Umar).
Bupati Batang Wihaji menyematkan pita secara simbolis kepada anggota Linmas, yang merupakan anggota tim pasukan pengamanan Pilkades serentak pada 29 September di Kabupaten Batang. (Foto suaramerdeka.com/Kasirin Umar).

BATANG, suaramerdeka.com - Bupati Batang Wihaji mengatakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) adalah merupakan hajat bersama bagi warga Kabupaten Batang.

“Oleh karena itu saya berharap pelaksanaannya agar berlangsung jujur, adil, beradab dan bermartabat,” kata Bupati Wihaji
saat menjadi Pembina Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pilkades di Halaman Polres Batang, Senin (23/9).

Dikatakan, jumlah desa yang melaksanakan pilkades serentak sebanyak 205 desa dari 239 desa dengan calon kepala desa 565 orang. Hal tersebut, kata Wihaji, bukan jumlah yang sedikit.

“Maka dari itu, agar kompetisi pelaksanaan pilkades dengan cara yang sportif, jangan menggunakan cara-cara yang tidak baik," tandasnya.

Bupati Wihaji menitipkan warganya kepada Polres Batang yang akan melaksanakan pilkades serentak pada 29 September mendatang, agar pelaksanaannya bisa berjalan kondusif, aman, beradab dan bermartabat.

Bupati juga mengapresiasi Polres Batang yang telah ikut mendukung penuh sosialisasi gerakan moral pilkades anti money politik. Sehingga berhasil membuat 34 desa berkomitmen melaksanakan pilkades tanpa politik uang dan membentuk satgas anti money politik serta anti botoh yang disebar di desa - desa.

“Saya minta camat terus saling bersinergi dan berkoordinasi dengan jajaran kopolisian di Polsek maupun Koramil. Laporkan terus perkembangan tahap demi tahap proses pelaksanaan Pilkades," kata Bupati Wihaji.

Bupati juga meminta agar pihak keamanan terkait, untuk memetakan desa yang memiliki potensi konflik, sehingga permasalahan bisa dicegah dari awal, dengan pendekatan dan langkah-langkah persuasif.

Sementara itu, Kapolres Batang AKBP Edi S Sinulingga menambahkan, perkembangan situasi kamtibmas di Kabupaten Batang sampai saat ini masih dalam keadaan aman, damai dan kondusif.

Disebutkan, untuk mengamankan Pilkades serentak, Polres Batang menerjunkan 1.300 personel. Terdiri anggota polres Batang 420 personel. Brimob, 100 personel. Dalmas Polda 200 personel. Polres Kendal 90 personel, Polres Pekalongan 90 personel, Polres Pekalongan Kota 90 personel, Polres Pemalang 90 personel, Polres Tegal Kota, 90 personel, Polres Brebes 70 personel dan Polres Tegal 60 personel.

Kapolres mengatakan lebih lanjut, Polres Batang dalam pengamanan pilkades, di back-up dari TNI Kodim 0736/Batang, Dispermades, Kesbangpol, Linmas, Satpol PP, Kesehatan, Pemadam Kebakaran, dan Tokoh masyarakat.

“Saya menghimbau kepada para calon untuk menjaga situasi yang damai di desanya masing-masing selama pelaksanaan pilkades. Untuk tidak melakukan pelanggaran hukum, khususnya hukum pidana, sepert intimidasi, ancaman, penganiayaan, pengrusakan, dan perkelahian," himbaunya.

Bagi calon yang menang, pesan Kapolres, agar mensyukuri kemenangannya dengan tidak melaksanakan kegiatan yang berlebihan.

“Jangan ada pesta minuman keras, arak-arakan pawai menggunakan kendaraan bermotor, mengejek calon yang kalah yang bisa memicu situasi tidak kondusif di desanya,” pungkas AKBP Edi S Sinulingga.


(Kasirin Umar/CN19/SM Network)