• KANAL BERITA

Rute Solo-Kuala Lumpur untuk Angkutan Pariwisata, Perdagangan dan Umrah

SOLO-KL : Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Zainal Abidin Bakar meresmikan rute penerbangan Solo-Kuala Lumpur di Bandara Internasional Adi Soemarmo, Minggu (22/9). (suaramerdeka.com /  Langgeng Widodo)
SOLO-KL : Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Zainal Abidin Bakar meresmikan rute penerbangan Solo-Kuala Lumpur di Bandara Internasional Adi Soemarmo, Minggu (22/9). (suaramerdeka.com / Langgeng Widodo)

SOLO, suaramerdeka.com - Ada harapan besar yang disandarkan dari pembukaan rute penerbangan Solo-Kuala Lumpur (KL) Malaysia. Yakni agar masyarakat Indonesia terus berinteraksi dengan orang-orang Malaysia melalui penerbangan itu. "Tidak hanya sebatas interaksi pertukaran rakyat kedua negara, tapi lebih penting dari itu yakni pariwisata, investasi, perdagangan, dan pendidikan," kata Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Zainal Abidin Bakar.

Hal itu dikatakan di sela acara malam inagurasi penerbangan Solo-Kuala Lumpur di Bandara Internasional Adi Soemarmo, Minggu (22/9). Selain dubes, rombongan dari negeri jiran yang hadir adalah Roslan Othman (Tourism Malaysia), Datin Sharifah Iklas (Malaysia MySecond Home), Dr Mior Harris (Education Malaysia), Farah Delah (Malaysia Healthcare Travel Council), Amirul (Matrade), dan Noran Ujang (Director of international promotion division Southeast Asia).

Rute penerbangan Solo-KL yang sudah setengah tahun ini ditutup Air Asia, dibuka kembali oleh Malaysia Airlines. Selanjutnya penerbangan dari Solo ke KL akan dilayani dua miggu sekali tiap hari Rabu dan Minggu malam menggunakan pesawat Boeing 737-800 Next Generation berkapasitas 160 penumpang.

Lebih lanjut duta besar menjelaskan, neraca perdagangan Malaysia di Jawa Tengah sekitar 320 Dolar AS, ada sekitar 700 orang Malaysia yang menempuh pendidikan di Jateng, dan sebanyak 66.000 wisatawan Malaysia berkunjung di Jawa Tengah. "Jadi pembukaan penerbangan Solo-Kuala Lumpur ini natural, mengingat potensinya besar," kata Zainal Abidin Bakar.

Cek tiket penerbangan Malaysia Airlines ke sejumlah destinasi dengan harga terbaik

Dia mengatakan, Malaysia khususnya Kuala Lumpur akan mempromosikan berbagai destinasi wisata di Jawa Tengah. Tujuannya agar makin banyak wisatawan Malaysia yang berkunjung ke Jawa Tengah. Demikian pula sebaliknya.

"Kami, berharap, di sini juga mempromosikan destinasi pariwisata di Malaysia terutama di Kuala Lumpur sehingga nantinya juga akan banyak wisatawan Jawa Tengah ke Malaysia," jelas dia yang mengaku kedatangannya di Jogja, Solo, dan Semarang untuk mempromosikan destinasi wisata Malaysia sekaligus melihat langsung destinasi wisata di Jawa Tengah.

Hal senada dikatakan General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo Abdullah Usman mengatakan, Malaysia Airlines dari Solo ke KL tidak hanya mengangkut wisatawan, pelaku bisnis, dan para pelajar tapi juga para jamaah yang akan melaksanakan ibadah umrah di tanah suci. Dari Solo, nantinya jamaah umrah itu akan menginap semalam di Kuala Lumpur sebelum melanjutkan perjalanan ke Mekkah atau Madinah menggunakan pesawat yang sama.

"Kehadiran rute Solo-Kuala Lumpur ini sangat strategis, bisa mengangkut semuanya, termasuk para TKW/TKI asal Jawa Tengah yang bekerja di Malaysia, baik berangkat maupun pulang," kata dia.


(Langgeng Widodo/CN26/SM Network)