• KANAL BERITA

Latihan Gabungan Vertical dan Water Rescue Selama Dua Hari Berjalan Lancar

Simulasi pertolongan kecelakaan di air (water rescue) yang dilaksanakan oleh relawan PMI di pantai Ujungnegoro, Kandeman, Batang.
Simulasi pertolongan kecelakaan di air (water rescue) yang dilaksanakan oleh relawan PMI di pantai Ujungnegoro, Kandeman, Batang.

BATANG,suaramerdeka.com- Latihan Gabungan (Latgab) Vertical dan Water Rescue yang dilaksanakan selama dua hari, di pantai Ujungnegoro, Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang, sejak Sabtu kemarin (21/9) hingga Minggu (22/9) telah berakhir dengan lancar.

Latgab gabungan yang diikuti 150 relawan tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Palang Merah Indonesia (PMI) ke 74, Tingkat Kabupaten Batang, yang secara resmi dibuka olah Bupati Batang Wihaji.

Menurut Wakil Ketua PMI Batang, Putut Husamadiman, Latgab yang berlangsung selama dua hari berjalan lancar sesuai schedule perencanaan.

“Latihan berjalan lancar sesuai schedule perencanaan tidak ada kendala apapun, dan semua peserta melaksanakan pelatihan dengan penuh semangat. Adapun materi yang diberikan oleh instruktur, antara lain, Pertolongan Pertama (PP), pertolongan kecelakaan di ketinggian, yaitu Vertical Rescue dan pertolongan kecelakaan di air atau Water Rescue,” terang Putut di sela-sela acara simulasi yang sedang berjalan, kepada suaramerdeka.com, di pantai Ujungnegoro, Minggu (22/9).

Dikatakan, dari 150 relawan yang mengikuti latihan gabungan, 75 persen terdiri dari relawan pemula.

“Kita berharap, meskipun kita tidak ingin adanya bencana, tetapi suatu saat dibutuhkan para relawan pemula sudah menguasai keterampilan dasar dalam memberikan pertolongn bagi warga yang membutuhkan,” ujar Putut Husamadiman.

Ia menambahkan dari hasil evaluasi sementara, terkait dengan jalannya pelatihan, perlu adanya penyempurnaan, baik yang menyangkut rencana kegiatan maupun teknis pelatihan.


(Kasirin Umar/CN34/SM Network)