• KANAL BERITA

PCNU Bagikan Segitiga Kiblat dan Jadwal Shalat

SERAHKAN JADWAL SHALAT :  Ketua PCNU Kota Semarang KH Anasom disaksikan Rais Syuriyah KH Hanief Ismail Lc dan pengasuh pondok pesantren Life Skill Daarun Najaah Ngalian Semarang Dr KH Ahmad Izzuddin MAg menyerahkan jadwal waktu shalat Kota semarang dan segitiga kiblat ke perwakilan MWC NU Tembalang, Muh Izzuddin di sela-sela Pelatihan dan Praktik Ilmu Falak, Sabtu (21/9). (SM/Agus Fathuddin)
SERAHKAN JADWAL SHALAT : Ketua PCNU Kota Semarang KH Anasom disaksikan Rais Syuriyah KH Hanief Ismail Lc dan pengasuh pondok pesantren Life Skill Daarun Najaah Ngalian Semarang Dr KH Ahmad Izzuddin MAg menyerahkan jadwal waktu shalat Kota semarang dan segitiga kiblat ke perwakilan MWC NU Tembalang, Muh Izzuddin di sela-sela Pelatihan dan Praktik Ilmu Falak, Sabtu (21/9). (SM/Agus Fathuddin)

SEMARANG, suaramerdeka.com – Pondok Pesantren Life Skill Daarun Najaah Semarang bekerja sama dengan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Semarang mengadakan pelatihan dan praktik ilmu Falak dengan tema “Membumikan Ilmu Falak untuk Mengabdi Kepada Umat” di Mushalatorium at-Taqiy Pesantren Life Skill Daarun Najaah Semarang, Sabtu (21/9).

Pada kesempatan itu Rais Syuriyah PCNU KH Hanief Ismail Lc dan Ketua Tanfidziyah KH Anasom membagikan alat Segitiga Kiblat untuk menentukan arah kiblat yang tepat dan jadwal shalat kepada para pengurus MWC NU se-Kota Semarang.

Pengasuh pondok pesantren Life Skill Daarun Najaah Ngalian Semarang Dr KH Ahmad Izzuddin MAg menjelaskan, para peserta pelatihan ilmu falak terdiri para pengurus Majelis Wakil Cabang (MWC) NU, para pengasuh pondok pesantren se-Kota Semarang, mahasiswa UIN Walisongo, dan para pegiat Ilmu Falak.

Acara dimeriahkan group rebana al-Hanana Pesantren Life Skill Daarun Najaah yang menyajikan lagu-lagu syair Diba’ yang diakhiri dengan syair Mahallul Qiyam sebagai tanda kegiatan siap dilaksanakan.

Para peserta menerima empat materi yaitu Drs KH Slamet Hambali MSi. tentang materi arah kiblat, Dr KH Ahmad Izzuddin MAg. tentang problematika awal bulan di Indonesia, M Shofa Mughtanim MHI tentang hisab awal waktu shalat, dan Ahmad Fuad al-Anshary MHI tentang praktik penentuan arah kiblat.

Ketua Lajnah Falakiah Nahdlatul Ulama (LFNU) Kota Semarang, Ahmad Fuad al-Anshary MHI mengatakan sangat bersyukur dengan adanya kerja sama tersebut.

Ilmu Astronomi

Rais Syuriah PCNU Kota Semarang, KH Hanif Ismail Lc. Mengatakan, Ilmu Falak merupakan bagian dari Ilmu Astronomi yang sudah ada sejak puluhan ribu tahun sebelum Masehi.

“Ulama-ulama dahulu begitu konsisten dalam mempelajari ilmu bagaimana agar ilmu bisa menjadi jalan  pengabdian kepada Allah. Oleh karenanya perkembangan ilmu-ilmu pengetahuan ataupun ilmu-ilmu keislaman tidak bisa dilepaskan dari komitmen pengabdian kepada Allah”, tambahnya.

Menurutnya, Ilmu Falak kedudukannya sama dengan Ilmu Faraid yang jarang dipelajari umat Islam sekarang. Karena itu, ia bangga masih ada Pesantren yang khusus mengkaji terkait keilmuan ini.

“Saya merasa bangga di Semarang ada Pesantren yang khusus menekuni Ilmu (Falak) ini”, katanya.

ungkapnya ketika menyampaikan sambutan sekaligus untuk membuka kegiatan tersebut.


(Agus Fathuddin/CN34/SM Network)