• KANAL BERITA

Hipmi Harus Punya Jurus Pemberdayakan Ekonomi

Guruh Adi Novianto Pimpin Hipmi Solo 2019-2022

Guruh Adi Novianto menerima pataka usai memenangi pemililihan Ketua Hipmi Surakarta dan musyawarah cabang asosiasi tersebut di Hotel Harris Solo. (suaramerdeka.com/Langgeng Widodo)
Guruh Adi Novianto menerima pataka usai memenangi pemililihan Ketua Hipmi Surakarta dan musyawarah cabang asosiasi tersebut di Hotel Harris Solo. (suaramerdeka.com/Langgeng Widodo)

SOLO, suaramerdeka.com - Wakil Wali Kota Achmad Purnomo berpesan pada para anggota dan pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Surakarta agar mengeluarkan jurus untuk menyejahterakan anggotanya dan berperan dalam neningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Pesan itu disampaikan ketika membuka musyawarah cabang (muscab) kedelapan asosiasi tersebut di Hotel Harris, kemarin. Hadir di kesempatan itu Ketua Kadin, Gareng S Haryanto, sejumlah mantan ketua Hipmi, dan kedua calon ketua Hipmi, Guruh Adi Novianto dan Antok Boni Trisnanto, serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Achmad Purnomo melanjutkan, dalam mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat terutama bagi usaha mikro kecil menengah, Hipmi bisa mengawali dengan mempelopori belanja di pasar-pasar tradisional bersama-sama, agar nantinya diikuti masyarakat luas. Dikatakan, pasar tradisional di Solo yang berjumlah 44 pasar itu harus diberdayakan. "Jangan sampai pasar itu sepi setelah direvitalisasi," kata wakil wali kota.

Sebagai pengusaha muda, Hipmi juga bisa menggarap sektor ekonomi kreatif dan pariwisata. Purnomo mengatakan, pemerintah kota telah berupaya keras mendatangkan banyak wisatawan domestik dan mancanegara. Serta bekerja sama dengan bandara, dan berbagai pihak untuk membuka rute penerbangan domestik dan internesional.

Nah, dari situ teman-teman Hipmi bisa andil dan ikut ambil peran, bagian mana yang mau diambil. "Namanya juga pengusaha, pengusaha muda, maka harus bisa dan harus optimistis," kata wakil wali kota.

Ketua Kadin Surakarta, Gareng S Haryanto, yang hadir di situ meminta para juniornya merapatkan barisan, kompak dan rukun, baik dalam berorganisasi mau pun dalam menjalankan usaha. "Kekompakan itu salah satu kunci sukses berorganisasi dan berbisnis," kata Gareng.

Sementara itu Guruh Adi Novianto terpilih sebagai Ketua Badan Pengurus Cabang (BPC) Hipmi Surakarta periode 2019-2022 menggantikan ketua lama, Syamsul Hadi, dalam muscabtersebut. Dalam pemungutan suara (voting), Guruh Adi Novianto yang mendapatkan 83 suara mengalahkan kandidat lainnya, Antok Boni Trisnanto yang hanya mendapat 13 suara. Satu suara dianggap tidak sah dan satu suara dinyatakan rusak.

Guruh akan berusaha melaksanakan pesan-pesan wakil wali kota dan ketua Kadin Surakarta bersama-sama anggota dan pengurus BPC Hipmi Surakarta periode 2019-2022 yang akan dibentuk. Sebagai langkah awal, dia dan pengurus lainnya akan melakukan konsolidasi organisasi.

Ia mengatakan, UMKM adalah salah benteng perekonomian karena itu harus diperkuat. "Kami akan menyebarkan virus-virus wirausaha untuk memperkuat UMKM," katanya.

Dalam muscab juga digelar talkshow tentang financial technology (fintech) yang menghadirkan otoritas jasa keuangan (OJK) dan salah satu perusahaan fintech, yakni Danamart. Kehadiran OJK dan Danamart juga sekaligus memberi literasi pada peserta muscab dan tamu undangan akan pentingnya fungsi fintech di era digital seperti sekarang ini.


(Langgeng Widodo/CN40/SM Network)