• KANAL BERITA

Izin RSI Yarsis Dijanjikan Keluar Bulan Ini

MENINJAU: Tim Visitasi yang terdiri DKK Sukoharjo, Dinas Kesehatan Provinsi dan Persi Jateng tengah meninjau ke RSI Yarsis Surakarta sebagai upaya perizinan. (suaramerdeka.com/Dok)
MENINJAU: Tim Visitasi yang terdiri DKK Sukoharjo, Dinas Kesehatan Provinsi dan Persi Jateng tengah meninjau ke RSI Yarsis Surakarta sebagai upaya perizinan. (suaramerdeka.com/Dok)

SUKOHARJO, suaramerdeka.com – Setelah ditunggu, akhirnya Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo bersama Dinas Kesehatan Provinsi Jateng dan Persatuan Rumah Sakit Indonesia (Persi) Jateng melakukan visitasi ke RSI Yarsis Surakarta, Jumat (20/9).

"Bulan ini perkiraan izin sudah keluar dan pelayanan untuk masyarakat bisa beroperasi. Kami berterima kasih RSI Yarsis jadi mitra dalam menyelenggarakan layanan kesehatan di wilayah Sukoharjo,’’ kata Kepala DKK Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, di sela-sela visitasi di RSI Yarsis Surakarta, Jumat (20/9).

Visitasi ini untuk mengecek secara langsung dokumen-dokumen yang sudah diajukan RSI Yarsis via online. "Memang untuk pengajuan sudah lama tapi baru bisa kami tindaklanjuti saat ini," katanya.

Dikatakan, dalam visitasi tersebut, tim menanyakan beberapa pertanyaan dan keliling meninjau ke berbagai ruangan untuk melihat langsung. Untuk pengajuan perizinan operasional rumah sakit harus memenuhi standar, baik periznan rumah sakit maupun operasional.

‘’Jika tidak terpenuhi maka rekomendasi perizinan belum bisa diberikan.  Ada hal-hal yang memang harus dipenuhi untuk pengajuan perizinan ini. Perizinannya itu izin rumah sakit dan izin operasional," papar dia.

Dalam visitasi DKK menggandeng Dinas Kesehatan Provinsi dan Persi.  Setelah visitasi, kata dia, proses selanjutnya akan menotifikasi pada aplikasi. Berikutnya di-upload jika perizinan RSI Yarsis itu sesuai hasil pengecekan langsung.

Ketua Pengawas RSI Yarsis Surakarta, Muh. As'ad mengatakan jika semua layanan akan mulai beroperasi, Senin (23/9) mendatang. Semua sudah siap dan tidak ada masalah, karena semua persiapan sudah dilakukan lama.

"Alhamdulillah, akhirnya hari ini sudah dilakukan visitasi dari DKK. Ini sudah ditunggu-tunggu oleh manajemen dan para karyawan rumah sakit. Rencana kami akan grand launching, 1 Oktober nanti, tapi 23 September besok kami sudah buka semua layanan," katanya.


(Ari Welianto/CN39/SM Network)