• KANAL BERITA

Warga Laban Minta Ketua Ansor Kendal Ini Nyalon Kades Lagi

Sukses Bangun Desa

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

KENDAL, suaramerdeka.com - Suasana haru mengiringi pisah sambut Kepala Desa Laban, Kecamatan Kangkung, Jumat (20/9). Muhammad Ulil Amri yang telah purna masa tugasnya digantikan Didik Hermanto sebagai pejabat sementara (Pjs) sampai dengan pelantikan kades terpilih.

Dalam ucapan perpisahan yang berlangsung singkat, Kades demisioner menyampaikan terima kasih dan sekaligus mohon maaf kepada seluruh warganya. "Saya banyak belajar dari bapak ibu dan sahabat semua. Mari terus kita jaga tradisi dan semangat kebersamaan ini untuk keberlanjutan desa kita bagi generasi yang akan datang," ucapnya didampingi sang istri, Ajeng Nafrina, disambut tepuk tangan dan isak tangis warga.

"Lanjutkan, harus lanjut, Pak Ulil lanjutkan," ucap warga bersahut-sahutan.

Ulil Amri dinilai berhasil memajukan desa Laban. Tak hanya infrastruktur jalan desa, tapi juga berbagai fasilitas penunjang dibangun selama periode kepemimpinannya. Mulai klinik desa hingga sarana olahraga. "Yang patut dicontoh adalah cara beliau memperlakukan warganya. Sebagai pemimpin, beliau pendengar yang baik sehingga bisa taju persis apa yang dibutuhkan warga," terang Margotrimulyo, tokoh masyarakat setempat.

Apresiasi juga datang dari tenaga pendamping desa setempat. Menurut Slamet, selama ini pihaknya diberikan ruang untuk melakukan pendampingan secara maksimal. Lukman, Pendamping Desa tingkat Kecamatan, mengatakan pihaknya merasa bangga karena salah satu desa dampingannya ini menjadi percontohan program inovasi desa.

"Inovasi yang dilakukan pemerintah desa Laban dalam pengelolaan Bumdes jadi percontohan. Bahkan sudah banyak desa di kecamatan lain datang untuk studi banding. Salah satunya berkat kepemimpinan Pak Ulil yang inovatif," ungkap Lukman.

Rangkul Semua Kalangan

Meski dikenal kental dengan latarbelakang pesantren, kades demisioner itu dinilai mampu merangkul semua kalangan. Tidak hanya hadir dalam forum pengajian, Gus Ulil juga tak canggung berbaur dalam kegiatan yang diadakan kelompok muda.

"Bulan kemarin kiami hadirkan orkes dangdut sangat meriah. Pak lurah naik panggung nyumbang lagu. Agak fals sih, tapi semua terhibur. Banyak teman yang pengen pak lurah maju lagi. Memang di luar sudah ramai kalau pak lurah kami itu banyak yang minta agar nyalon Bupati. Kami siap dukung apapun yang terbaik," terang Mustafikin.

Terkait habisnya masa tugas sejumlah kades, Camat Kangkung, Ardi Prasetyo, mengatakan sebanyak enam kepala desa purna tugas pada bulan ini. Selain itu, menyusul empat kepala desa lainnya sampai akhir tahun. "Untuk sementara Kades yang kosong itu akan dijabat oleh ASN di lingkungan kecamatan maupun Pemkab sampai Kades terpilih dilantik. Per akhir tahun ini ada 10 desa," terang Ardi.

Sebagai informasi, sebanyak 192 kades se kabupaten Kendal habis masa tugasnya hingga akhir tahun ini. Sementara itu, Pilkades akan digelar secara serentak pada bulan Maret 2020 mendatang.


(Andika Primasiwi/CN26/SM Network)