• KANAL BERITA

Dompet Dhuafa Hadirkan Safe School di Wilayah Terdampak Kabut Asap

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

PEKANBARU, suaramerdeka.com — Kebakaran hutan dan lahan sudah berlangsung lama, tim Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa masih fokus terhadap pemadaman hutan dan lahan tidak hanya itu Dompet Dhuafa di berbagai wilayah membantu masyarakat yang terdampak asap.

Berangkat dari hal tersebut, Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa mencanangkan pembuatan safe school. Dijelaskan Direktur DMC Dompet Dhuafa, Benny, safe school merupakan perwujudan konsep safe house yang telah terlebih dulu dilakukan Dompet Dhuafa di beberapa titik wilayah terdampak kabut asap.

"Jadi akan ada satu atau dua ruang kelas yang dilengkapi fasilitas seperti di safe house, yaitu berupa ruangan yang bebas asap. Kemudian adanya tabung oksigen, air purifier dan tempat istirahat," tandas Benny.

Untuk diketahui, selain menyediakan ruang bebas asap, safe school juga akan dilengkapi dengan kegiatan sosialisasi edukasi seputar bencana kabut asap. Kolaborasi dengan cabang Dompet Dhuafa setempat maupun pihak berwajib, memungkinkan untuk adanya program tambahan seperti pemantauan dan pemeriksaan kesehatan.

“Sejak Kamis lalu, Dompet Dhuafa sudah menurunkan 43 personil yang terdiri dari Tim DMC delapan orang, Tim Kaltim tujuh orang, Tim Sumsel 15 orang, Tim Riau enam orang dan Tim Kalteng tujuh orang. Sementara tujuh unit mobil operasional yang terdiri satu mobil ambulans hingga enam mobil taktis dan dua unit motor operasional," tutup Benny.

Di sisi lain tiga seniman muda Indonesia yakni Chiki Fawzi, Meda Kawu, dan Vira Talisa, akan turut mengenalkan dan mengampanyekan program safe school kepada warga net, melalui jagat media sosial.

"Kami senang sekali bisa hadir di sini dan berdiskusi mengenai kebencanaan bersama rekan-rekan DMC Dompet Dhuafa. Bersyukur juga bisa terlibat dalam kampanye safe school. Karena kita ingin meminimalisasi dampak kabut asap yang berimbas pada anak-anak sekolah. Semoga kita bisa menggalang banyak kebaikan dan programnya bisa membawa banyak manfaat," ungkap Chiki Fawzi.


(Andika Primasiwi/CN26/SM Network)