• KANAL BERITA

PIP Punya Tugas Cetak SDM Pelayaran Unggul

Foto: suaramerdeka.com/Dok
Foto: suaramerdeka.com/Dok

SEMARANG, suaramerdeka.com - Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) dinilai telah melakukan tanggung jawabnya mendidik taruna PIP dengan baik. Namun, tugasnya menyiapkan generasi maritim itu masih panjang, dengan tantangan kedepan lebih besar.

PIP juga dituntut mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) unggul, berintegritas, serta profesional. Demikian diungkapkan Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan, Ir I Nyoman Sukayadnya MM dalam wisuda Perwira Pelayaran Niaga ke-89 di halaman PIP, Jumat  (20/9).

"Tantangannya lebih besar dan menuntut integritas tinggi dan profesionalisme. Peningkatan mutu pendidikan dan pelatihan harus dimulai dari perbaikan pola pengasuhan pembangunan karakter melalui cara humanis dan penuh rasa kekeluargaan," kata Nyoman.

Menurutnya, Pemerintah ingin mewujudkan Indonesia poros maritim dunia. Karenanya, para alumnus PIP diminta mampu mewujudkan cita-cita mulia degan mengedepankan profesionalisme sesuai kompetensi masing-masing.

Nyoman menegaskan, PIP siap mencetak SDM maritim unggul untuk Indonesia maju dan berdaya saing global. Hal itu dinilai sejalan dengan adanya tuntutan standar pelaut yang ditetapkan International Maritime Organization (IMO).

Guna meningkatkan daya saing, mutu pendidikan kepelautan perlu ditingkatkan dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Total ada 404 wisudawan ke-89 PIP, mereka di antaranya Diploma IV Nautika 73 orang, Diploma IV Teknika 76 orang, Diploma IV Tatalaksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan (TALK) 50 orang.

Sementara itu, Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan, Capt Anugrah Nur Prasetyo MSi menegaskan, khususnya Diploma IV PIP, taruna sudah melalui berbagai macam tahapan pendidikan. Antara lain, yakni kegiatan belajar dan pembangunan karakter di kampus selama tiga tahun, raktik berlayar, serta ujian keahlian pelaut.


(Red/CN39/SM Network)