• KANAL BERITA

Seribuan ASN Pensiun, Pemprov Butuh Tenaga Baru

Foto Istimewa
Foto Istimewa

BANDUNG, suaramerdeka.com - Menyusul rencana pemerintah untuk merekrut aparatur sipil negara pada tahun ini, Pemprov Jabar mengaku masih menunggu arahan pusat terutama menyangkut besaran kuota pegawai yang bakal diterima.

Meski demikian, mereka mempunyai proyeksi merujuk kepada data ASB yang purnabakti pada tahun ini. "Per tahunnya itu sekitar 1.800 pegawai yang pensiun," kata Kepala BKD, Yerry Yanuar di Bandung, Jumat (20/9).

Jumlah sebanyak itu terdiri dari beragam formasi dari mulai bagian umum hingga fungsional seperti guru. Meski demikian, katanya, alokasi jumlah penerimaan tak selalu mengikuti jumlah pegawai yang keluar. 

"Terakhir kan ada rekrutmen sekitar 1.200 formasi. Untuk sekarang, kita masih menunggu arah pusat sehingga bisa diketahui berapa yang dibutuhkan termasuk formasinya, kami memang bisa usul tapi itu kan dibahas lagi," jelasnya.

Dalam kaitan itu, pihaknya tengah menyempurnakan sistem kepegawaian. Langkah itu diharapkan bisa menghadirkan pemetaan yang lebih komprehensif terhadap keberadaan ASN di lingkup pemerintahan provinsi.

"Jadi nanti jumlah pegawai yang pensiun misalnya, itu bakal muncul secara otomatis. Sistem juga bisa menampilkan gambaran kebutuhan formasi yang mesti diisi. Sistemnya mencakup pula penilaian kinerja," tandasnya.

Pihaknya menargetkan penyempurnaan sistem kepegawaian itu bisa rampung pada akhir tahun ini. Pengolahan data bakal dimaksimalkan termasuk dalam penentuan karier pegawai sehingga lebih terstruktur.


(Setiady Dwi/CN19/SM Network)