• KANAL BERITA

Fintech Dukung Pembangunan Ekonomi Daerah 

Foto Istimewa
Foto Istimewa

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Perusahaan financial technology (fintech) peer-to-peer lending, Kredit Pintar berkeinginan mendukung pertumbuhan ekonomi daerah. Selain mengedukasi masyarakat, strategi yang diterapkan adalah menjalin kemitraan dengan BPD dan BPR di tingkat daerah. 

Kerjasama ini utamanya dalam hal penyaluran pembiayaan dan menyediakan layanan jasa keuangan ke masyarakat. 

"Kami ingin memperkenalkan industri fintech sekaligus platform secara merata agar manfaatnya dapat dirasakan seluruh masyarakat Indonesia," Vice President dari Kredit Pintar, Boan Sianipar di Yogyakarta, kemarin.

Melalui agenda ini, pihaknya ingin berperan dalam mendorong literasi keuangan masyarakat agar lebih memahami dan memanfaatkan berbagai layanan keuangan, khususnya yang berbasis digital. Hal ini juga sejalan dengan misi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia sebesar 75 persen.

“Fintech hadir di kalangan masyarakat bertujuan untuk mempermudah akses pengkreditan bagi masyarakat yang belum terlayani. Namun banyak masyarakat belum paham cara menggunakannya," imbuh Boan.

Padahal, jika masyarakat berada di status “well literate”, dapat berdampak signifikan pada ekonomi suatu daerah karena adanya perputaran ekonomi dan meningkatnya pembelanjaan rumah tangga. Karena itu, membangun ekonomi daerah dijadikan bagian dari misi yang diharapkan dapat memacu pertumbuhan ekonomi daerah.

Fintech yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK sejak April 2018 tersebut sampai sekarang telah menyalurkan pinjaman senilai Rp 6 triliun dengan total nasabah 1,6 juta.


(Amelia Hapsari/CN19/SM Network)