• KANAL BERITA

Dari Ungaran Membawa Ilmu SmartPoint ke Daerah Asal Masing-masing

PESERTA: Beberapa peserta dan NTT dan Bali mengikuti pelatihan multimedia SmartPoint. (suaramerdeka.com / dok)
PESERTA: Beberapa peserta dan NTT dan Bali mengikuti pelatihan multimedia SmartPoint. (suaramerdeka.com / dok)

UNGARAN, suaramerdeka.com - Belajar di Ungaran Kabupaten Semarang dengan membawa ilmu multimedia ke daerah masing-masing. Itulah tekad dari sebagian peserta SmartPoint Multimedia Shortcourse selama empat hari sejak Senin (16/9) yang berakhir Kamis (19/9) di Studio Dreamlight World Media (DWM), Ungaran.

Meski berjarak ratusan kilometer dari kota kecil Soe, ibu kota Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur (NTT), tak menjadi halangan bagi Yap Kause, untuk mencari ilmu multimedia di Ungaran, Kabupaten Semarang. Yap Kause pria kelahiran NTT 6 Juli 1988 itu bersama teman-temannya ditugaskan PPA (Pusat Perlindungan Anak) setempat untuk mengikuti SmartPoint Multimedia Shortcourse.

"Bagi saya pribadi pelatihan ini sangat bermanfaatkan. Banyak hal-hal baru saya dapatkan melalui workshop ini, bahwa ternyata membuat aplikasi sederhana bisa menjadi beberapa karya keren seperti animasi dan videografi. Sebelum saya ikut pelatihan, saat membuat aplikasi itu terasa sangat rumit," kata Yap Kause.

Hal yang sama juga dirasakan oleh Nicholas Selan, Putri dan Ina yang juga berasal dari Soe. Putra Ginting, Joshua dan Naomi dari Bali menyatakan sukacitanya mengikuti pelatihan empat hari itu. Ketika ditanya, apakah setelah tiba kembali ke asalnya dia berani menularkan ilmu multimedianya, dia menjawab dengan tegas. "Kalau untuk lingkungan sendiri, saya tentu sudah berani," kata Yoshua yang diamini peserta lain.

Menampilkan para pembicara dari DWM, pelatihan kilat SmartPoint Multimedia ini berisikan materi antara lain video edukasi menggunakan gawai (smartphone), pra produksi dan bedah naskah, pelatihan photoshop dan pelatihan powerpoint, setelah itu semua karya akan dievaluasi.

Pelatihan singkat yang diselenggarakan oleh SmartPoint, divisi edukasi Dreamlight World Media (DWM) Ungaran ini, dikuti oleh peserta tidak saja dari dari Semarang, Jogja, Kudus, Salatiga, Surabaya, Bandung, Jakarta, Blitar tapi juga Bali, Soe dan Kupang NTT.


(Bambang Isti/CN26/SM Network)