• KANAL BERITA

Bagikan Masker, Tim Respon DMC Beri Edukasi soal Bencana Kabut Asap

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Belum lama ini Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa telah mengirimkan Tim Respon untuk Bencana Kabut Asap di Kalimantan dan Sumatera. Tim yang dibagi ke dua wilayah ini berangkat melalui dua jalur yakni darat dan udara. Tim membawa serta barang bantuan seperti puluhan ribu masker, alat pemadaman dan beberapa unit tabung oksigen portable untuk keadaan darurat.

Dijelaskan Koordinator Tim Respon untuk Bencana Kabut Asap di Kalimantan, Ady Sumarna tim akan bergabung dengan relawan yang telah terlebih dahulu melakukan penanganan di sana. Rencananya selain melakukan pemadaman tim juga akan melakukan Aksi Layanan Sehat yang dibuka di beberapa titik dekat pemukiman warga, tebar masker, edukasi terkait bencana kabut asap dan mengupayakan pembukaan safe house.

“Kami edukasi pemakaian masker yang benar di kalangan anak yang metode penyampaiannya bisa melalui dongeng dan permainan. Selain itu ada sosialisasi edukasi terkait masker dengan poster untuk orang dewasa. Juga kita bisa melakukan diskusi terkait hal-hal yang harus dilakukan saat bencana kabut asap terjadi,” terangnya.

Senada, Narwan tambahkan edukasi penting dilakukan masih banyak masyarakat masih salah kaprah dalam penggunaan masker saat bencana kabut asap terjadi.

“Standar masker untuk kabut asap kan N95, namun karena beberapa keterbatasan banyak yang menggunakan masker biasa. Nah untuk penggunaan masker biasa ini agar lebih efektif dan tepat ditambahkan kain lembab di dalamnya. Agar partikel kecil yang terdapat di asap bisa lebih tersaring,” jelasnya.


(Andika Primasiwi/CN26/SM Network)