• KANAL BERITA

Wisudawan Unnes Doakan Habibie, Nyanyikan Cinta Sejati

CINTA SEJATI: Mahasiswi jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Cindy Maharani saat menyanyikan lagu Cinta Sejati yang merupakan lagu dari film Habibie Ainun. (suaramerdeka.com/Dok)
CINTA SEJATI: Mahasiswi jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Cindy Maharani saat menyanyikan lagu Cinta Sejati yang merupakan lagu dari film Habibie Ainun. (suaramerdeka.com/Dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Presiden RI ke-3 BJ Habibie wafat pada Rabu (11/9) jam 18.05. Wisudawan ke-98 tahun 2019 di auditorium Universitas Negeri Semarang (Unnes), Rabu (18/9), turut berduka.

Bukan hanya melakukan doa bersama untuk almarhum mantan presiden, tapi seorang wisudawan, Cindy Maharani dari jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni turut menyumbangkan suara emasnya dengan menyanyikan lagu Cinta Sejati yang dipopulerkan penyanyi cantik, Bunga Citra Lestari (BCL).

Sebagaimana diketahui, Cinta Sejati itu merupakan original soundtrack (ost) film Habibie Ainun. Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum memimpin jalannya proses wisuda yang diikuti 1.513 wisudawan.

Dari jumlah itu, 12 di antaranya lulusan Doktor, 114 Magister, 1.371 sarjana, sedangkan 17 jenjang diploma tiga. Menurut Fathur, masyarakat kini sedang mengalami pergeseran, karena bertransformasi menuju masyarakat baru. Dalam proses ini, muncul sejumlah guncangan yang harus diantisipasi.

"Alumnus Unnes harus jadi bagian dari proses transformasi tersebut, tentunya sebagai generasi baru pemecah masalah. Ada berbagai persoalan sosial dan kebangsaan yang belum terselesaikan, ketika terjun di masyarakat, maka harus membawa optimisme, kesejukan, dan pembaruan yang positif," tandas Fathur.

Dengan demikian, kehadirannya akan didambakan komunitas, baik keluarga, masyarakat atau bangsa dan negara.

Rektor menegaskan, ada tiga modal yang harus dimiliki agar lulusan Unnes unggul dan diterima masyarakat, yakni kepekaan, pengetahuan, kemampuan teknis, serta kesadaran etis. Kepekaan ini berkaitan dengan kemampuan merasakan dan mengetahui kondisi sekitar.

"Dengan kepekaan akan muncul kepedulian yang membuat Anda termotivasi berkarya. Karenanya, jadilah generasi yang awal penglihatan dan pendengaran agar selalu bisa merasakan hal yang dirasakan orang disekitar," ungkapnya.


(Royce Wijaya/CN39/SM Network)