• KANAL BERITA

Dishub Usul Tambah 10 Petugas Perlintasan

Petugas PJL saat menjaga palang pintu agar tidak sampai diterobos oleh pengguna jalan saat kereta api melintas, kemarin. (suaramerdeka.com/Tresno Setiadi)
Petugas PJL saat menjaga palang pintu agar tidak sampai diterobos oleh pengguna jalan saat kereta api melintas, kemarin. (suaramerdeka.com/Tresno Setiadi)

TEGAL, suaramerdeka.com - Dinas Perhubungan Kota Tegal berencana menambah petugas Penjaga Jalan Lintasan (PJL) Kereta Api di 13 pos jaga perlintasan sebidang di Kota Tegal. Selain petugas dinilai kurang, pos penjagaan juga kurang.

Kepala Dinas Perhubungan, Ferviyanto WB mengatakan, saat ini ada 93 petugas yang bekerja 24 jam terbagi dalam tiga sif. Jumlah itu dinilai kurang sehingga perlu ditambah sepuluh orang. ‘’Rencana kami ada penambahan 10 persen dari jumlah petugasn atau sekitar sembilan sampai sepuluh orang,’’ kata Hervi, saat meninjau perlintasan Tirus, Selasa (17/9).

Dia mengemukakan, selain jumlah petugas terbatas, Pemkot Tegal hanya memiliki 13 CCTV di perlintasan sebidang. Jumlah 13 pos jaga jaga dinilai kurang. Pemkot diminta merealisasikan sebagai bentuk dukungan dan sinkronisasi untuk menjaga keselamatan warganya.

‘’Saat ini setiap tahun kita dapat alokasi Rp 3,2 miliar termasuk untuk gaji petugas PJL,’’ katanya, di sela-sela PT KAI Daop III bersama Dinas Perhubungan Kota Tegal dan Satlantas Polres Tegal Kota melakukan pengecekan perlintasan sebidang Tirus, Selasa (17/9).

Kedatangan mereka untuk memastikan langsung kondisi di lapangan usai kecelakaan sebuah mobil tertabrak kereta Argo Cirebon pada Jumat (13/9). Setelah pengecekan, digelar sosialisasi dan bentangan spanduk.

Sosialisasi mengajak pengendara yang melintas agar lebih mengutamakan keselamatan saat melewati perlintasan kereta api.

Manager Humas Daop III Cirebon, Luqman Arif mengatakan, perlintasan sebidang KA merupakan salah satu titik rawan kecelakan lalu lintas. Tak hanya di Kota Tegal kegiatan serentak itu juga dilakukan di daerah lain dari Kota Tegal hingga ke Cirebon dengan enam titik lokasi perlintasan sebidang.


(Tresno Setiadi/CN40/SM Network)