• KANAL BERITA

Bonus Demografi Harus Disambut dengan SDM Berkualitas

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Bonus demografi yang akan terjadi pada tahun 2030 - 2040 harus dijadikan momentum untuk pembangunan bangsa. Oleh karena itu, diperlukan persiapan sumber daya manusia (SDM) dan angkatan kerja yang berkualitas, dibarengi dengan kesempatan kerja yang luas.

Anggota DPR NasDem terpilih, Rian Firmansyah mengatakan, pemerintah dan semua pihak harus melakukan upaya antisipasi positif dalam menyambut era bonus demografi. Tingginya jumlah usia produktif atau usia muda pada kurun waktu tersebut, harus dijadikan sebagai masa keemasan.

Sebaliknya, tanpa adanya antisipasi dan persiapan yang baik, dikhawatirkan, tingginya jumlah usia muda justru akan menambah beban bagi negara. Karena tidak seimbangnya supply dan demand antara angkatan kerja dan kesempatan kerja.

"Pemerintah harus semakin mendorong aktivitas kegiatan yang dapat memperluas kesempatan kerja, memberikan insentif bagi lahirnya industri-industri kreatif dan dalam tataran internasional dapat semakin meningkatkan kerja sama dengan negara-negara lain untuk dapat menerima tenaga kerja kita," ujar Rian.

Pendapat tersebut diungkapkan Rian dalam acara Dialog Selasa, yang merupakan bagian dari Pra Kongres II Partai NasDem. Musyawarah tertinggi Partai NasDem tersebut akan dilaksanakan pada 8-11 November 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Disisi lain, Ketua KONI Kabupaten Bandung Barat ini menambahkan, dampak era Revolusi Industri 4.0 yang menyebabkan kelompok produktif dengan low skill workers atau yang bekerja dengan pola refetitif akan mudah sekali tergantikan oleh teknologi komputer dan kecerdasan buatan.

"Harus ada langkah dan upaya yang melibatkan semua komponen pada peningkatan kualitas pendidikan, meningkatkan relevansi kuantitas dan kualitas SDM berpendidikan tinggi serta peningkatan kemampuan iptek dan inovasi," katanya.


(Satrio Wicaksono/CN26/SM Network)