• KANAL BERITA

PDAM Terapkan Pengiliran Air

foto ilustrasi - istimewa
foto ilustrasi - istimewa

REMBANG, suaramerdeka.com - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Rembang mulai menerapkan sistem penggiliran pasokan air bersih ke pelanggan menyusul keterbatasan bahan baku air saat kemarau panjang ini.

Direktur PDAM Kabupaten Rembang, M Affan, mengaku pasokan air untuk sebagian pelanggan Kecamatan Rembang Kota mulai berkurang beberapa waktu ini. ''Yang berkurang khususnya pasokan air dari sumber Pamotan,'' kata dia.

Dia menambahkan untuk meningkatkan tekanan air ke pelanggan, pihaknya terpaksa melakukan pengiliran. ''Namun upaya peningkatan tekanan ini belum berhasil secara maksimal. Sehingga kami harus melakukan pengiliran pasokan air ke sebagian pelanggan di wilayah Rembang Kota,'' jelas dia.

Dia menambahkan PDAM Kabupaten Rembang mengusahakan penambahan pasokan air ke Kecamatan Rembang Kota. Caranya dengan menyalurkan air dari Embung Sudo ke sebagian pelanggan di Rembang Kota.

Air dari Embung Sudo selama ini digunakan untuk mencukupi kebutuhan pelanggan di Kecamatan Kaliori dan sebagian Kecamatan Rembang Kota bagian barat.

''Kami mengusahakan air dari Embung Sudo bisa menambah pasokan untuk pelanggan di Kecamatan Rembang Kota. Kami harap dalam waktu dekat ini penambahan pasokan itu bisa membantu mencukupi kebutuhan pelanggan yang mengalami pengiliran,'' terang Affan.

Direktur PDAM ini mengakui saat puncak kemarau ini, debit air dari Embung Sudo masih melimpah. ''Alhamdulillah di Embung Sudo meski memasuki puncak musim kemarau, namun debit air masih tetap bagus. Sehingga bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan pelanggan di Kaliori dan Rembang Kota bagian barat,'' tegas dia.


(Mulyanto Ari Wibowo/CN40/SM Network)