• KANAL BERITA

Total Luas Lahan yang Terbakar di Lereng Gunung Slamet Capai 14,3 Hektare

foto: istimewa
foto: istimewa

PURBALINGGA, suaramerdeka.com - Kebakaran yang terjadi di hutan lereng timur Gunung Slamet akhirnya berhasil dipadamkan tim gabungan. Sejak Sabtu (14/9) mulai pukul 12.00 WIB, kebakaran yang terjadi di lereng dekat Dukuh Bambangan, Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, sudah tak terlihat lagi kepulan asap. Demikian pengamatan dari tim gabungan.

"Pemantauan secara pandangan mata dari Basecamp Pendakian Bambangan dan Basecamp Pendakian Gunung Malang dari jam 06.00 WIB sampai jam 12.00 WIB. Tidak terlihat adanya asap pada lokasi petak 58A dan sekitarnya," kata juru bicara Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyumas Timur, Sugito.

Sebelumnya, kebakaran kali pertama terjadi sejak Rabu (11/9) mulai pukul 10.00 WIB, bahkan semakin meluas pada Kamis (12/9) akibat tiupan angin. Hingga akhirnya sebanyak 500 personel tim gabungan dari TNI, Polri, Tagana, BPBD, SAR, Polhut, dan masyarakat sekitar diterjunkan untuk melakukan pemadaman di lima sektor. Mereka bertugas menyekat agar kebakaran tidak terus meluas. Total lahan yang terbakar mencapai 14,3 hektare.


(Red, DTC/CN40)