• KANAL BERITA

Nama Habibie Bakal Jadi Nama Bangunan Monumental

Foto suaramerdeka.com/dok
Foto suaramerdeka.com/dok

BANDUNG, suaramerdeka.com - Untuk menghormati sosok almarhum BJ Habibie, Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyebut bahwa pihaknya mempunyai ide untuk menghadirkan bangunan monumental di Jabar yang identik dengan inovasi dan kecerdasan Presiden RI Ke-3 itu.

"Nanti kita cari sesuatu yang relevan dengan beliau. Beliau itu 'kan identiknya dengan inovasi, kecerdasan. Mungkin gedung-gedung creative center, daripada namanya creative center saja mungkin kita bisa namai sesuatu atau gedung inovasi atau yang sifatnya monumental kita carikan," katanya di Bandung, Kamis (12/9).

Dijelaskan, sosok BJ Habibie mempunyai kenangan tersendiri dengan Jabar, terutama Kota Bandung. Selain pernah berkuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB), mendiang juga pernah bersekolah di SMAK Dago Bandung. Selain itu, ide BJ Habibie di bidang industri banyak melahirkan peninggalan yang berharga seperti keberadaan PT Dirgantara Indonesia dan PT Pindad.

"Saya kira penghormatan itu akan disetujui. Karena semua sangat kehilangan manusia langka yang sangat, sangat, jenius," tegasnya.

Emil mengaku sering berdiskusi dan meminta nasihat dari BJ Habibie. Nasihat yang paling diingat adalah tentang pentingnya membagi ilmu yang dimiliki. Emil pun mengaku bahwa sebagian semangat hidupnya berdasarkan nasihat tersebut.

"Nasihatnya relevan dengan sosok beliau. Agar ilmu yang saya punya itu jangan tidak dimanfaatkan. Jangan pintar sendiri. Ilmu yang didapat dimaksimalkan untuk berinovasi," tutur Emil.

Dalam kaitan itu, selepas Dhuhur, karyawan PT DI melaksanakan shalat ghaib di Masjid Habiburrahman yang berada di lingkungan BUMN strategis itu. Mereka memanjatkan doa terbaik bagi sosok yang berperan penting dalam pendirian pabrik pesawat tersebut.

Sedangkan Direktur Utama Pindad, Abraham Mose menyebut banyak ide, mimpi dan kontribusi Habibie saat menjabat sebagai Dirut Pindad. Salah satunya adalah kemandirian Indonesia dalam industri pertahanan dengan mengedepankan riset, development dan inovasi serta harus bisa menciptakan produk militer secara mandiri.

“Dasar-dasar ide beliau itulah yang menjadi dasar bagi kami PT Pindad (Persero) selalu mengedapankan riset, development dan inovasi di bidang industri pertahanan,” katanya.


(Setiady Dwi/CN19/SM Network)