• KANAL BERITA

BJ Habibie Punya Kontribusi Besar Terhadap Kemenag

Foto Istimewa
Foto Istimewa

BANTUL, suaramerdeka.com -  Duka mendalam dirasakan rakyat Indonesia dengan berpulangnya Presiden RI ke 3, BJ Habibie. Isak tangis dan kesedihan tercurah habis bagi rakyat Indonesia, karena dimasa hidupnya pernah menorehkan karya yang cukup berharga bagi bangsa.

Sehingga karya-karya itulah yang selalu dikenang rakyat Indonesia, salah satu karya yang nyaris tidak banyak diketahui orang adalah saat BJ Habibie mendirikan Sekolah Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) yang saat ini tersebar di seluruh wilayah di Indonesia.

''Salah satu karya Bapak Teknologi, adalah menginisiasi berdirinya lembaga pendidikan MAN IC,'' kata Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin usai membuka Launching Pusaka Sakinah. Moderasi Beragama Berbasis Keluarga dan Kampung Zakat Wakaf di Bantul, kemarin.

Dengan berpulangnya mantan presiden ini, rakyat Indonesia merasa kehilangan seorang guru bangsa yang rendah hati. ''Kontribusi BJ Habibie bagi Kementerian Agama tidak akan pernah dilupakan. Karena beliaulah yang menginisiasi lahirnya Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia,'' katanya lagi.

Menurut Menag yang juga politisi PPP, MAN IC paling unggul diantara MAN-MAN lainnya. "Itulah kontribusi Pak Habibie bagi Kementerian Agama, apalagi Pak Habibie berhasil menjadikan MAN IC menjadi MAN terbaik di negeri ini," katanya.‎

Sementara Alissa Wahid, putri sulung Presiden RI ke 4, Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, mengaku sedih atas berpulang Presiden RI ke 3 RI BJ Habibie dalam usia 83 di RSPAD Gatot Soebroto, Rabu (11/9) petang sekitar pukul 18.05 WIB.

Alissa Wahid mengaku, terakhir kali bertemu dengan almarhum BJ Habibie setelah Pemilihan Presiden pada 1 Mei 2019 yang pada saat itu kondisinya sedang bergejolak dengan maraknya berbagai demo.

"Kala itu saya mengantarkan para sesepuh bangsa atas nama gerakan Suluh Kebangsaan dan beliau yang kita 'sowani' (datangi) pertamakali, karena kami semua melihat beliau adalah presiden yang punya kearifan dan beliau adalah presiden saat Indonesia dalam masa transisi,'' katanya.

''Saat itu masa yang paling berat, saat Orde Baru jatuh beliau yang menggantikannya," tambah dia usai acara Launching, Pusaka Sakinah Gerakan Moderasi Agama Berbasis Keluarga dan Kampung Zakat Wakaf di Pemkab Bantul, Kamis (12/9).‎

"Jadi beliau tahu itu, bagaimana rasanya dalam transisi politik karena beliau menggantikan Presiden Soeharto," ungkapnya. ''Kita harus berterimakasih, karena beliau berhasil menjadi contoh negarawan sejati,'' tambah salah satu putri Gus Dur.

Ketika "sowan" ke Pak Habibie, lanjut dia, banyak sekali kearifan yang beliau sampaikan dan ketika Pak Habibie berpulang tentunya bangsa Indonesia sangat bersedih dan tentunya juga mengucapkan terimakasih karene Pak Habibie telah menjadi contoh negarawan sejati pada masa menjadi presiden maupun setelahnya. 


(Sugiarto/CN19/SM Network)