• KANAL BERITA

TMP Kalibata Sudah Ramai Sejak Pagi Jelang Pemakaman BJ Habibie

Foto: istimewa
Foto: istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Sejak Kamis (12/9), Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Utama Kalibata, Jakarta Selatan, lokasi pemakaman Presiden ketiga RI BJ Habibie, sudah ramai. Beberapa aparat gabungan dari kepolisian, TNI, serta Paspampres sudah tiba di lokasi dengan beberapa jenis kendaraan untuk mempersiapkan serta melakukan pengamanan dalam persiapan acara pemakaman Habibie.

Sejumlah tenda yang bertuliskan 'Denma Paspampres' juga didirikan aparat tepat di pintu masuk TMP, serta melakukan pemasangan alat pemindai yang rencananya digunakan bagi para tamu yang akan menghadiri acara pemakaman tersebut. Dua aparat juga telah melakukan penurunan bendera hingga setengah tiang di depan TPM Kalibata pada pukul 6.40 WIB.

Tak ketinggalan, rombongan Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri (FKPPI) tiba di Taman Makam Pahlawan sekitar pukul 06.00 WIB lalu berbondong-bondong masuk ke dalam taman untuk bersiap mengikuti acara pemakaman.

Tepat di salah satu titik pintu masuk TMP Kalibata juga terdapat videotron yang menampilkan rangkaian gambar Habibie disertai pesan duka cita dari Kementerian Sosial. Beberapa rangkaian foto tersebut memperlihatkan sosok Habibie yang tersenyum sambil berbicara ataupun melambaikan tangan. Sementara itu, kondisi lalu lintas disekitar TMP Kalibata terlihat cukup kondusif. Beberapa petugas polisi mengatur lalu lintas.

Diketahui, BJ Habibie meninggal di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB. Rencananya, ia akan dimakamkan di TMP Kalibata dengan upacara kenegaraan yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, siang ini. Rencananya, Jenazah Habibie akan dikebumikan tepat di samping makam istrinya, Hasrie Ainun Habibie.

Presiden Joko Widodo sendiri sudah melayat ke rumah duka di kawasan Patra Kuningan, Jakarta Selatan. Dia terlihat mengenakan pakaian jas hitam dan celana hitam. Iriana Jokowi dan Menteri Sekretaris Negara, Pratikno terlihat menemani Jokowi ke rumah duka. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu tak melemparkan satu patah kata saat hadir di kediaman Habibie kepada para pewarta. Jokowi langsung masuk kedalam kediaman rumah duka.

 


(CNN/CN26/SM Network)