• KANAL BERITA

Kontingen Luar Daerah Meriahkan Festival Garis Imaginer

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

SLEMAN, suaramerdeka.com - Kontingen dari sejumlah daerah akan memeriahkan pawai budaya yang merupakan rangkaian Festival Garis Imaginer yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan (Disbud) Kabupaten Sleman, Jumat (13/9). Pawai dimulai dari Lapangan Bunder Purwobinangun Pakem menuju Tri Panunggal Rasa Pulowatu Pakem yang berjarak kurang lebih dua kilometer. 

Kontingen luar daerah tersebut berasal dari Probolinggo, Wonosobo, Gunungkidul, Bantul, Kulon Progo, dan Kota Yogyakarta. "Penampilan dari kontingen luar daerah ini akan menampilkan sesuatu yang berbeda dan khas sehingga dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung,m kata Kepala Disbud Sleman Aji Wulantara, kemarin.

Menurutnya, kehadiran kontingen luar daerah ini merupakan kerjasama dan kolaborasi positif antar pemerintah daerah untuk lebih menggemakan potensi kebudayaan. Bagi kabupaten/ kota di DIY, momentum ini sekaligus menjadi kesempatan untuk membangun semangat kebersamaan dalam rangka memperkokoh keistimewaan.

Semua peserta pawai budaya juga akan melakukan display unjuk kebolehannya di titik finish di Panggung Utama Tri Panunggal Rasa Pulowatu. Adapun rangkaian Festival Garis Imaginer 2019 pada hari kedua, Sabtu (14/9) di MGM meliputi Festival Jathilan dari 8 kontingen kecamatan yakni Kecamatan Gamping, Tempel, Kalasan, Berbah, Sleman, Cangkringan, Seyegan, dan Godean.  

Agenda lainnya adalah pasar tiban yang menggandeng 40 UMKM, dan pentas seni unggulan berupa sastra tutur. Festival Jathilan dilanjutkan hari ketiga yang diusung oleh kontingen dari 9 kecamatan yaitu Ngaglik, Pakem, Minggir, Mlati, Moyudan, Depok, Turi, Prambanan, dan Ngemplak. Malam harinya diisi pentas seni unggulan berupa konser musik garis imaginer dan wayang orang.


(Amelia Hapsari/CN39/SM Network)