• KANAL BERITA

MPR dan MK Tandatangani Pakta Integritas Antikorupsi

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - MPR dan Mahkamah Konstitusi (MK) menandatangi Pakta Integritas Anti Korupsi dihadapan Ketua KPK Agus Rahardjo dan turut disaksikan Gubernur Provinsi DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X. Penandatanganan dilakukan di Grha Sabha Permana Kampus UGM Bulaksumur, Yogyakarta, Rabu (11/9).

“Hari ini dari Yogya kita gaungkan gerakan anti korupsi untuk dunia,” kata Sri Sultan.

Penandatanganan dilakukan Sekretaris Jenderal MPR RI Ma’ruf Cahyono dan Wakil Ketua MK Aswanto. Turut hadir Rektor UGM Prof. Panut Mulyono, civitas akademika, dan setidaknya 3.000 mahasiswa UGM dan berbagai perguruan tinggi lainnya.

Penandatanganan ini sekaligus menjadi bagian rangkaian Festival Konstitusi dan Anti Korupsi ini adalah Talkshow dengan tema Ukir Integritasmu Mewujudkan Budaya Konstitusi dan Anti Korupsi. 

Dalam kesempatan itu, Sesjen MPR Ma'ruf Cahyono mengajak generasi muda harus paham konstitusi. Pasalnya, konstitusi memuat berbagai aturan kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Lebih dari itu, di sana (konstitusi, red) juga ada ideologi dan jati diri bangsa. Generasi muda harus paham itu. Generasi muda harus paham konstitusi,” ujar Ma’ruf.

Sementara, Kepala Sub Bagian Pemberitaan dan Layanan Informasi MPR RI Budi Muliawan, festival ini bertujuan untuk mensosialisasikan konstitusi di masyarakat terutama kalangan mahasiswa.

Selain itu, lanjutnya, festival ini juga bertujuan menanamkan nilai antikorupsi di kalangan mahasiswa. "Kaum muda, atau yang kerap disebut kaum milenial harus memahami aturan dasar bernegara yaitu UUD NRI Tahun 1945 serta menjiwai semangat antikorupsi," katanya.


(Mahendra Bungalan/CN39/SM Network)