• KANAL BERITA

Bio Farma Buka Layanan Retail

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

BANDUNG, suaramerdeka.com - PT Bio Farma (Persero) terus memperluas layanan retailnya melalui serangkaian pembukaan klinik Imunicare sejak awal tahun ini. BUMN Farmasi itu menyebut respon masyarakat cukup positif seiring kesadaran untuk melakukan vaksinasi yang semakin meningkat.

"Sebanyak 12 klinik sudah beroperasi dari target 25 klinik yang kami targetkan membuka layanannya pada akhir 2019," kata Kepala Bagian Manajemen Mutu, Mahsun Muhammadi di sela-sela media gathering di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (11/9).

Menurut dia, pembukaan layanan tersebut juga tak terlepas dari antisipasi pihaknya terhadap selera pasar terutama kaum milenial yang lebih menginginkan kemudahan akses dalam mengaktifkan sistem kekebalan tersebut.

Imunicare di antaranya sudah beroperasi di Bandung, Medan, Jakarta, Lampung, dan Yogyakarta. Kota lainnya seperti Madiun, Denpasar, Makassar, Depok, Sukabumi, Tangerang, dan Bogor dalam persiapan. Selain outlet sendiri, mereka membuka kemitraan.

Pasar mereka cenderung kelas menengah ke atas. "Kami sebenarnya lebih melengkapi pelayanan yang sudah ada, tapi lebih menyasar ke masyarakat yang ingin lebih nyaman, sementara tempat seperti itu masih terbatas," jelasnya.

Klinik tersebut lebih banyak menyediakan semua jenis vaksin yang diproduksi BUMN yang berbasis di Bandung itu yang berjumlah 14 produk. Di luar itu mereka membuka layanan bagi vaksin keperluan umrah seperti meningitis yang selama ini lebih banyak dilayani kantor kesehatan pelabuhan (KKP) setempat.

"Kami mendapatkan rekomendasi KKP. Meski demikian, kuotanya masih terbatas. Saat ini kami mendapatkan 200 vaksin, dan sejauh ini menjadi salah satu layanan yang paling diminati," jelasnya.

Selain itu, Mahsun Muhammadi tak menampik keberadaan Imunicare ikut menggenjot penjualanan produk yang belakangan menunjukan tren positif. Masyarakat mulai banyak yang mengakses vaksin anti-flu. Ini ditandai dengan permintaan vaksin tersebut dalam jumlah besar terutama dari perusahaan.


(Setiady Dwi/CN39/SM Network)