• KANAL BERITA

Kabel Exit Tol Raib, Kerugian Rp 4 Miliar

Wakapolres Pemalang Kompol Malpa Malaccopo didampingi Kasatreskrim AKP Suhadi menunjukkan barang bukti kabel tembaga jalan tol.(suaramerdeka.com/Saiful Bachri)
Wakapolres Pemalang Kompol Malpa Malaccopo didampingi Kasatreskrim AKP Suhadi menunjukkan barang bukti kabel tembaga jalan tol.(suaramerdeka.com/Saiful Bachri)

PEMALANG, suaramerdeka.com – Dua tersangka pelaku pencurian kabel penerangan di exit tol Gandulan, Pemalang ditangkap berikut mengamankan barang bukti gulungan kabel tembaga. Akibat aksi itu, Pemalang Batang Tol Road (PBTR) menderita kerugian sekitar Rp 4 miliar.

Wakapolres Pemalang, Kompol Malpa Malaccopo, mewakili Kapolres Pemalang, AKBP Kristanto Yoga Darmawan, dalam pemaparan kasus itu menghadirkan tersangka Basri (40) asal Medan. Sedangkan satu tersangka lagi Faizal (23) alamat sama kini masih diperiksa di Polres Brebes dalam kasus yang sama.

Pencurian kabel penerangan itu membuat bingung pengguna jalan tol karena listrik tiba-tiba padam. Terutama di ruas Exit Tol gandulan hingga simpang susun sejauh 4 kilometer. Padahal kondisi lampu padam membahayakan pengguna jalan tol dan memicu kecelakaan.

''Modus operandi pencurian kabel tersebut pelaku pertama memadamkan box panel dengan dibakar. Setelah padam kabel yang berada di bawah ditarik dan dikuliti di sawah,'' kata Wakapolres didampingi Kasatreskrim AKP Suhadi, Rabu (11/9).

Tersangka Basri mengaku diajak Ahmat Faisal untuk melakukan aksi itu. Mereka masuk ke jalur tol dengan naik sepeda motor melalui jalan setapak. Modus pencurian itu dilakukan sampai delapan kali selama empat bulan sejak Mei.

Menurut Wakapolres, penangkapan para pelaku dilakukan setelah adanya laporan kejadian dari PT Pemalang Batang Tol Road (PBTR). Setelah itu pelacakan ditemukan adanya petunjuk.

Tersangka Basri ditangkap di tempat kosnya di daerah Mulyoharjo dan Ahmat Faisal di tempat kosnya daerah Kelurahan Pelutan pada 1 September.

Sementara Bagian Pelayanan Lalin, Zakaria, mewakili PT PBTR mengataan, kerugian akibat kabel penerangan tol hilang, di wilayah Pemalang sekitar Rp 4 miliar. Sementara untuk ruas tol Brebes bukan wewenangnya.

Untuk mencegah adanya kejadian serupa dilakukan patroli jalan raya lebih sering. Jika ada pencurian bisa lebih dini diatasi. Selain itu merekrut masyarakat untuk ikut mengawasi.


(Saiful Bachri/CN40/SM Network)