• KANAL BERITA

Penetapan Dibatalkan, Calon Kades Ancam Gugat Panitia

 Irianto didampingi Agus Susilo, putranya, memberikan keterangan terkait tindakan Panitia Pilkades Toyoga yang menganulir pencalonannya.(suaramerdeka.com/Anindito AN)
Irianto didampingi Agus Susilo, putranya, memberikan keterangan terkait tindakan Panitia Pilkades Toyoga yang menganulir pencalonannya.(suaramerdeka.com/Anindito AN)

SRAGEN, suaramerdeka.com – Irianto, salah saorang calon Kepala Desa Toyoga, Kecamatan Sambungmacan, Sragen menyatakan tidak terima lantaran penetapan dirinya sebagai salah satu calon kades dibatalkan mendadak oleh panitia.

Padahal Ketua Panitia Pelaksana Pilkades Toyoga, FX Sumarno, telah menetapkan lima calon kepala desa. Di antara lima calon itu, terdapat nama Irianto cakades nomor 4. ‘’Tapi rapat Panitia Pilkades di Balai Desa Toyoga Selasa (10/9) malam membatalkan pencalonan saya,’’ tutur Iriantto, Rabu (11/9).

Irianto menuntut Camat Sambungmacan, Y David Supriyadi, dan Panitia Pilkades Toyoga. Agus Susilo, anak kandung Irianto akan membawa masalah itu ke ranah hukum.

Akibat keputusan itu, suasana rapat Panitia Pilkades yang dihadiri Camat Sambungmacan, Alex, dan Muspika, tegang. Puluhan pendukung dan famili Irianto, berteriak-teriak. Irianto bahkan terlihat histeris.

Dia berjalan mondar-mandir di depan panitia, sambil memprotes keputusan yang menggagalkan pencalonannya itu.

Irianto menjelaskan, sejak ditetapkan sebagai cakades oleh panitia Jumat (6/9), dia sudah melakukan sosialisasi dan memasang ratusan tanda gambar. Namun Panitia Pilkades kemudian mengundang dia untuk menghadiri Rapat Pembahasan Perkembangan Pilkades Toyoga, Selasa (10/9) malam.

Hasil rapat panitia memutuskan membatalkan pencalonan Irianto dan mengganti Budi Utomo. Alasan panitia karena ternyata nilai hasil tes dari LPPM UMS Pabelan, Budi Utomo lebih baik dari Irianto.

Irianto terkejut dan terlihat histeris. ‘’Kami menyesalkan kinerja panitia, karena sudah menetapkan calon kades, tetapi kemudian digagalkan dan diganti orang lain,’’ tuturnya.

Kabag Pemerintahan Desa Pemkab Sragen, Hiladawati Aziroh, tidak membantah kalau Panitia Pilkades Toyoga menganulir Irianto sebagai cakades nomor urut 4. Dikatakan, ada kesalahan dalam menjumlah hasil nilai dari LPPM Universitas Muhammadiyah Surakarta.

‘’Setelah nilai diteliti, ternyata rangking Irianto berada di bawah Budi Utomo,’’ tutur Hiladawati Aziroh.

Selanjutnya, panitia Pilkades mengadakan rapat ulang untuk menganulir Irianto dan memasukkan Budi Utomo sebagai cakades Toyoga.

Ketua Panitia Pilkades Toyoga, FX Sumarno, mengaku berani megambil langkah itu setelah melihat hasil nilai ternyata terdapat kekeliruan dalam menjumlah.


(Anindito AN/CN40/SM Network)