• KANAL BERITA

Bank Indonesia Gandeng Enam Perguruan Tinggi Salurkan Beasiswa

foto: suaramerdeka.com/dok
foto: suaramerdeka.com/dok

SEMARANG, suaramerdeka.com - Setelah Undip, Unnes, UIN Walisongo, dan IAIN Salatiga, Bank Indonesia (BI) kantor perwakilan Jawa Tengah menggandeng dua perguruan tinggi lagi yakni Universitas Tidar dan Universitas Muria Kudus untuk pemberian program beasiswa BI. Dengan enam perguruan tinggi tersebut, sampai dengan saat ini jumlah penerima beasiswa se-wilayah kerja KPwBI Provinsi Jawa Tengah telah mencapai 270 mahasiswa.

''Pemberian beasiswa oleh BI dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai aspek mulai dari akreditasi perguruan tinggi yang bersangkutan, sarana yang dimiliki oleh universitas, keaktifan, hingga prestasi mahasiswanya,'' ujar Kepala Perwakilan BI Jateng,  Soekowardojo, Rabu (11/9).

Hadir dalam kesempatan ini Rektor Universitas Tidar, Prof Dr Ir Mukh Arifin MSc. dan Rektor Universitas Muria Kudus, Dr Suparnyo SH MS, serta Noviantoso, dari Departemen Komunikasi BI serta Kepala Grup Perwakilan BI Jateng, Anton Daryono. Selain itu juga para penerima beasiswa yang tergabung dalam komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI) dari perguruan tinggi yang sudah bekerja sama.

Program beasiswa ini, tidak terbatas pada pembiayaan untuk mendukung biaya pendidikan, tunjangan studi, mau pun biaya hidup saja. Para mahasiswa penerima beasiswa juga diwadahi oleh komunitas serta mendapatkan berbagai pelatihan secara berkala dan terencana guna meningkatkan kompetensi individu, serta mengembangkan karakter dan jiwa kepemimpinan.

Ditambahkan, selama tahun 2018/2019 ini GenBI telah melaksanakan berbagai program kerja yang bermanfaat bagi masyarakat antara lain GenBI Indonesia bersih (menanam pohon dan memberikan filter air minum di Demak), GenBI Mengajar, GenBI Berbagi Takjil, Bedah Buku, Pelatihan Personal Branding dll.

''Kami berharap para penerima beasiswa BI yang nantinya akan tergabung dalam komunitas GenBI dapat menjadi perpanjangan tangan BI mensosialisasikan tugas dan pengetahuan mengenai bank sentral kepada masyarakat di sekitarnya,'' tuturnya.

Soekowardojo menjelaskan, BI memiliki tujuan dan sasaran khusus terhadap program beasiswa ini yakni meningkatkan angka partisipasi pendidikan tinggi dan motivasi belajar serta menjamin keberlangsungan studi mahasiswa.


(Red/CN40/SM Network)