• KANAL BERITA

Tingkatkan Kualitas Kader, MDMC Gelar Diklat Water Rescue

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

BATANG, suatamerdeka.com – Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Jawa Tengah sedang menyelenggarakan Diklat Water Rescue selama dua hari sejak tanggal 5 hingga 8 September. Diklat SAR merupakan agenda rutin yang diselenggarakan oleh MDMC Jawa Tengah setiap tahunnya.

Diklat kali ini dilaksanakan di Pantai Jodo Gringsing Batang yang diikuti oleh peserta sebanyak 81 orang dengan usia berkisar 18 hingga 35 tahun. Peserta berasal dari berbagai perwakilan Muhammadiyah se – Jawa Tengah, bahkan terdapat peserta dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Cirebon, Sumatera Selatan dan Sulawesi Tengah.

Kegiatan diawali upacara pembukaan Diklat SAR Dasar dengan kualifikasi Water Rescue, yang bertempat di gedung Dakwah Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Gringsing Batang.

Dalam sambutan pembukaannya H. Furqon Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Batang menyebutkan bahwa semakin besar kiprah Muhammadiyah dalam dunia bencana dan kemanusiaan maka semakin besar pula tanggungjawab MDMC meningkatkan kualitas kadernya. "Seiring dengan perkembangan Muhammadiyah yang berkemajuan maka MDMC semakin memiliki peran penting mewujudkan cita cita Muhammadiyah" imbuhnya.

Pada kegiatannya, para peserta akan diberikan materi pokok berupa Keislaman dan Kemuhammadiyahan, serta dasar - dasar SAR dan pertolongan di air. Selain materi tersebut peserta juga akan menerima pengetahuan dari para instruktur meliputi olah gerak perahu, renang rescue, operasi pencarian dan penyelamatan di laut.

Naibul Umam selaku Ketua MDMC Jateng dalam laporannya menyampaikan bahwa menjadi kader Muhammadiyah dalam urusan bencana harus memperhatikan 4 hal yaitu prestasi, dedikasi, loyalitas dan tidak tercela. "Semenjak 2010 kami menyelenggarakan diklat SAR keempat hal tersebut kami tekankan kepada kader kader Muhammadiyah yang ikut menjadi peserta," tegas Umam.

Hal senada juga disampaikan oleh Ulul Azmi selaku Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Batang "Menjadi MDMC itu keren karena bisa membantu sesama dimanapun berada," tegasnya.

Ketua MDMC Jawa Tengah menyatakan bahwa hingga berita ini dimuat, kondisi Pantai Jodo tenang dan cuaca yang sehingga kgiatan pelatihan berjalan lancar. Di akhir pembukaan, Umam juga menyampaikan informasi bahwa MDMC Jateng bekerjasama dengan Basarnas untuk menyelenggarakan Uji Kompetensi/Sertifikasi SAR untuk para rescuer MDMC. "Bila tidak ada halangan akan kami adakan di awal bulan Oktober mendatang," demikian Umam mengakhiri sambutannya.


(Andika Primasiwi/CN26/SM Network)