• KANAL BERITA

Penanganan Banjir Tegal Barat, Disiapkan Rp 12,5 Miliar

Pekerja tengah memperbaiki saluran air di wilayah Kecamatan Tegal Barat, Selasa (10/9). (suaramerdeka.com/Tresno Setiadi)
Pekerja tengah memperbaiki saluran air di wilayah Kecamatan Tegal Barat, Selasa (10/9). (suaramerdeka.com/Tresno Setiadi)

TEGAL, suaramerdeka.com - Pemkot Tegal mengalokasikan sedikitnya Rp 12,5 miliar untuk mengatasi persoalan banjir dan rob di sejumlah wilayah langganan banjir tahunan di Kecamatan Tegal Barat. Salah satunya dengan membangun saluran permanen dengan cor beton.

Mau memperbaiki saluran ? Untuk bahan bangunannya pake Beton Instant ini saja.

Kepala Dinas PUPR Kota Tegal, Sugianto mengatakan, anggaran sebesar itu di antaranya untuk perbaikan saluran air, normalisasi Kali Siwatu, dan pembuatan kolam retensi di Kelurahan Tegalsari sekaligus pemasangan empat pompa.

Saat ini, sejumlah pekerjaan sudah dimulai, di antaranya perbaikan saluran air di Jalan Sawo Barat, Jalan Sawo Timur, Jalan Nanas, dan Jalan Abdi Negara, dan lainnya. Untuk saluran dibuat permanen dengan cor beton dialirkan ke satu arah bermuara ke Kali Siwatu.

‘’Selain itu Kali Siwatu juga sedang dalam normalisasi. Karena permukaanya sudah dangkal, semua sampah dan lumpur di Kali Siwatu diangkat,’’ terangnya. Dari Kali Siwatu, kemudian air akan mengalir menuju kolam retensi di Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Tegal Barat.

Empat proyek yang sedang dikerjakan oleh Pemkot Tegal nanti bisa mengatasi masalah banjir dan rab di Kecamatan Tegal Barat. Khususnya, Jalan Sawo Barat, Jalan Sawo Timur, dan Jalan Abdi Negara Kota Tegal, daerah langganan banjir setiap musim hujan.


(Tresno Setiadi/CN40/SM Network)