• KANAL BERITA

Saber Pungli Tempel Stiker Pengaduan

TEMPELKAN STIKER: Satgas Saber Pungli Kota Tegal menempelkan stiker pengaduan di Kantor DPMPTSP, Senin (9/9). (Foto suaramerdeka.com/Tresno Setiadi)
TEMPELKAN STIKER: Satgas Saber Pungli Kota Tegal menempelkan stiker pengaduan di Kantor DPMPTSP, Senin (9/9). (Foto suaramerdeka.com/Tresno Setiadi)

TEGAL, suaramerdeka.com - Tim Satuan Tugas Sapu Persih Pungutan Liar Kota Tegal mensosialisasikan aspek  pencegahan sekaligus menempelkan stiker ‘’Lapor’’  apabila warga menemukan dugaan Pungli  di tempat-tempat layanan publik di Kota Tegal, Senin (9/9).

Wakil Ketua Tim Pelaksana 1 Satgas Saber Pungli Kota Tegal Supraptomo mengatakan, kegiatan itu menindaklanjuti arahan dari tim pengarah, Kapolres Tegal Kota AKBP Siti Rondhijah yang berharap ada tindakan pada aspek pencegahan.

Salah satunya dengan memberikan sosialisasi kepada pegawai di instansi yang memberikan pelayanan kepada masyarakat. ‘’Hari ini tadi dimulai dari Puskesmas Tegal Timur, Kelurahan Mangkukusuman, DPMPTSP, dan lainnya. Ada beberapa tim yang disebar,’’ kata Supraptomo.

Menurut dia, kegiatan itu juga untuk memberikan penekanan kepada pegawai layanan publik agar tidak melakukan tindakan bersifat Pungli. ‘’Soal Pungli kami yakin semua orang paham. Tidak sesuai aturan mengeluarkan finansial dengan nilai tertentu. Kalau sukarela itu bukan pungli namun sumbangan,’’  kata dia.

Ketua Pelaksana Satgas Saber Pungli Kota Tegal Kompol Davis menambahkan kegiatan sosialisasi menyasar sedikitnya 184 tempat layanan publik. Mulai dari puskesmas, sekolah, dan kantor-kantor termasuk Kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Tegal.

‘’Sosialisasi dan penempelan stiker ada nomor pengaduan. Di SMS center 0817891025 khusus di pelayanan publik,’’ kata Davis. Selain sosialisasi pencegahan, dalam waktu dekat akan ada penindakan. ‘’Target Operasi sudah ada. Masih penyelidikan,’’ kata Davis.


(Tresno Setiadi/CN19/SM Network)

Berita Terkait
Loading...
Komentar