• KANAL BERITA

Angka Partisipasi Masyarakat Banyumas terhadap KB Capai 70 Persen

foto: istimewa
foto: istimewa

PURWOKERTO, suaramerdeka.com - Angka partisipasi masyarakat Kabupaten Banyumas dalam program Keluarga Berencana (KB) telah mencapai 70 persen atau sekitar 224.000 orang dari 320.000 pasangan usia subur. Sementara Pemkab Banyumas menargetkan angka partisipasi KB bisa mencapai 75 persen. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdaayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Banyumas, Taefur Arofat.

"Masih kurang dari target partisipasi secara nasional dan Jawa Tengah. Oleh karena itu, kami menargetkan angka partisipasinya pada tahun ini bisa mencapai 75 persen," kata Taefur Arofat.

Taefur menambahkan, pihaknya terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan angka partisipasi masyarakat dalam program KB di Banyumas. Antara lain melalui pemasangan alat kontrasepsi jangka panjang secara gratis di 10 fasilitas kesehatan se-Kabupaten Banyumas. Selama ini pihaknya telah menjalin kerja sama dengan 10 fasilitas kesehatan di Banyumas guna memberi pelayanan KB secara graatis.

"Jadi, siapa pun yang ingin ikut program KB di fasilitas kesehatan tersebut, akan dilayani secara gratis apapun bentuk dan jenis KB-nya," tambahnya.


(Ant, Red/CN40)