• KANAL BERITA

BPK Disarankan Lakukan Reorientasi Fokus Pemeriksaan

Foto: istimewa
Foto: istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Anggota Komisi VII DPR Tjatur Sapto Edy menyarankan BPK harus melakukan reorientasi fokus pemeriksaan, tidak hanya berfokus kepada peristiwa di masa lalu saja, tetapi juga peristiwa yang sedang berjalan dan antisipasi kemungkinan  peristiwa di masa depan. "Reorientasi ini meliputi pelaksanaan pemeriksaan atas proses, kegiatan, dan program yang berada dalam tahap perencanaan, pelaksanaan, dan yang telah selesai pelaksanaannya.

Sementara, dalam konteks pemeriksaan atas pengelolaaan keuangan negara, ia meminta pemeriksaan yang dilakukan BPK harus mengemas informasi hasil pemeriksaan berdasarkan isu per sektor, program, tingkat pemerintahan, dan klasifikasi lainnya. "Jadi, tindakan penanganan atas suatu isu permasalahan tertentu dapat dilakukan secara terkoordinasi dan terintegrasi," terangnya.

Tjatur juga mendorong BPK melakukan modernisasi pemeriksaan dengan cara membangun dan mengembangkan sistem inovasi teknologi informasi yang modern untuk pemeriksaan, yang saling terintegrasi dalam institusi BPK maupun dengan entitas pemeriksaan.

Dia juga menyarankan agar segera direalisasikan web services BPK-DPR untuk menyajikan Laporan Hasil Pemeriksaan secara komprehensif dan up to date untuk memperkuat kinerja DPR terutama fungsi pengawasan pada awal masa sidang.  "Peningkatan kinerja pengawasan DPR menjadi lebih efektif karena didasarkan pada data dan informasi yang handal, sehingga DPR dapat mengakses objek pemeriksaan BPK se-Indonesia sesuai dengan peraturan dan undang-undang yang berlaku," katanya.


(Mahendra Bungalan/CN26/SM Network)