• KANAL BERITA

Fit and Proper Test Anggota BPK, Tjatur Janji Kuatkan Pengawasan DPR

Foto: istimewa
Foto: istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Anggota Komisi VII DPR Tjatur Sapto Edy berjanji akan melakukan transformasi, reorientasi dan modernisasi pemeriksaan di Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk menguatkan kinerja pengawasan DPR sekaligus memastikan bahwa pengelolaan keuangan negara diperuntukkan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat.

Hal itu disampaikan Tjatur saat melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) periode 2019-2024 di hadapan Komisi XI DPR. Menurut Tjatur, pendekatan konvensional yang terapkan oleh BPK selama ini adalah mengumpulkan dan menguji bukti yang relevan dan valid untuk menilai kesesuaian antara fakta yang ditemukan dengan kriteria yang telah ditetapkan.

"Perlu dilakukan transformasi dari pemeriksaan konvensional yang fokus pada kriteria, fragmented, serta berorientasi kepada yang telah terjadi di masa lalu menjadi pemeriksaan yang komprehensif, holistik, relevan dengan kebutuhan dan berorientasi kepada kejadian di masa lalu, sekarang, dan yang akan datang," kata Tjatur di Kompleks Senayan, Jakarta, Kamis (4/9).

Politisi Partai Amanat Nasional ini menjelaskan yang dimaksud pemeriksaan komprehensif adalah auditor harus memperhatikan berbagai faktor penting terkait dengan lingkungan internal dan eksternal yang menjadi pemicu terjadinya gap antara kondisi yang ditemukan dengan kriteria yang telah ditetapkan.

"Sementara, pemeriksaan holistik adalah pemeriksaan end to end dari suatu proses, kegiatan, dan program untuk dapat memahami keterkaitan permasalahan sehingga rekomendasi penanganan dirancang untuk dapat mengatasi permasalahan secara tuntas tanpa menimbulkan masalah baru di bagian lain yang terkait," tandasnya.


(Mahendra Bungalan/CN26/SM Network)